ALIZKAN, UBED (2018) PENGEMBANGAN VIRTUAL PHYSICS LABORATORY (VPL) PADA KONSEP PERPINDAHAN KALOR. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGEMBANGAN VIRTUAL PHYSICS LABORATORY (VPL) PADA KONSEP PERPINDAHAN KALOR.pdf Restricted to Registered users only Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis virtual physics laboratory (VPL). Materi perpindahan kalor merupakan salah satu konsep dalam fisika yang sering dianggap sulit oleh siswa karena memuat konsep yang abstrak dan bersifat mikroskopis. Hal ini diperparah dengan tidak dilakukan kegiatan eksperimen dalam kegiatan pembelajaran, oleh karena itu dibutuhkannya media berupa virtual lab yang dapat memvisulisasikan proses perpindahan kalor secara mikroskopis. Metode Penelitian ini merupakan research and development (R&D) dengan menggunakan tahapan model 4-D yang meliputi 4 tahap yaitu, pendefinisian (define), perencanaan (design) pengembangan (develop) dan penyebarluasan (disseminate). Media VPL yang telah melalui tahap validasi dan revisi, kemudian melalui tahap uji coba terbatas kepada 30 siswa. Hasil validitas media VPL memperoleh nilai rata-rata sebesar 84,17% dengan kategori sangat layak, sedangkan hasil uji coba terbatas pada siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 83,4% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan berupa media virtual lab yang dapat memvisualisasikan proses perpindahan kalor secara mikroskopis yang dapat digunakan dalam pembelajaran fisika.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | This study aims to develop learning media based on virtual physics laboratory (VPL). Heat transfer is one of the concepts in physics that is often considered difficult by students because it contains abstract and microscopic concepts, this is exacerbated by not conducting experimental activities in learning activities, therefore media is needed in the form of virtual labs that can visualize the heat transfer process microscopically. This study method is research and development (R&D) by using research stage of the 4-D model which covered 4 phases, namely, define, design, develop and disseminate. The VPL media that has gone through the stages of validation and revision, then through the testing phase is limited to 30 students. The results of VPL media validity obtained an average value of 84.17% with a very feasible category, while the results of the trial were limited to students obtaining an average score of 83.4% with a very good category. Based on the results of the study it can be concluded that the learning media developed in the form of virtual lab media that can visualize the process of heat transfer microscopic that can be used in physics learning. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203-Jurusan Pendidikan Fisika |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 26 Nov 2021 15:31 | |||||||||
Last Modified: | 26 Nov 2021 15:31 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9220 |
Actions (login required)
View Item |