Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN TRAINER KIT RANGKAIAN LISTRIK MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DI SMKN 2 KOTA SERANG

Laraswati, Sifa (2019) PENGEMBANGAN TRAINER KIT RANGKAIAN LISTRIK MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DI SMKN 2 KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN TRAINER KIT RANGKAIAN LISTRIK MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DI SMKN 2 KOTA SERANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran di kelas perlu adanya interaksi dua arah yang mana tujuannya supaya materi pelajaran tersampaikan ke siswa. Di SMKN 2 Kota Serang belum memiliki media pembelajaran sebagai pendukung kegiatan belajar mengajar di kelas supaya siswa memahami materi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran trainer kit rangkaian listrik, mengetahui kelayakan media pembelajaran trainer kit rangkaian listrik, mengetahui kelayakan jobsheet media pembelajaran rangkaian listrik, dan mengetahui efektifitas media pembelajaran rangkaian listrik. Penelitian ini mengacu berdasarkan model pengembangan ADDIE Model (analyze, design, development, implementation, evaluation). Dengan rincian : (1) Analyze (meliputi : analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis siswa dan didapatkan permasalahan belum adanya media pembelajaran rangkaian listrik), (2) Design (Tahap ini merupakan langkah untuk merancang media pembelajaran rangkaian listrik, (3) Development (Tahap ini merupakan pembuatan media pembelajaran yang dinilai oleh para ahli media dan ahli materi, (4) Implementation (Tahap ini dilakukan di kelas X TL 2 SMKN 2 Kota Serang dimulai dengan pretest untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang mata pelajaran dasar listrik dan elektronika selanjutnya menerapkan media pembelajaran yang telah dikembangkan), (5) Evaluation (Tahap ini dilakukan dengan posttest untuk mengetahui efektifitas media yang telah dibuat). Hasil belajar rata-rata dikelas mendapatkan nilai 54,16 sehingga dapat dikatakan kompetensi siswa dibawah nilai rata-rata. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, didapatkan data kelayakan media pembelajaran dengan perolehan rata-rata skor 102 kategori “Sangat Layak” dan jobsheet media pembelajaran dengan perolehan rata-rata skor 93,5 kategori “Sangat Layak”. Kedua media pembelajaran ini mendapatkan nilai “Sangat efektif” untuk pembelajaran dengan rata-rata skor perhitungan n- gain 0,77.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorPermata, EndiUNSPECIFIED
Thesis advisorAbi Hamid, MustofaUNSPECIFIED
Additional Information: This study aims to create an electric circuit trainer kit learning media, to find out the feasibility of learning media for electric circuit trainers, to find out the feasibility of electric circuit learning media jobsheets, and to determine the effectiveness of electric circuit learning media. This study refers to the ADDIE Model development model (analyze, design, development, implementation, evaluation). With details: (1) Analyze (including: needs analysis, curriculum analysis, student analysis and found the problem of the absence of electric circuit learning media), (2) Design (This step is a step to design electrical circuit learning media, (3) Development ( This stage is the making of learning media which is assessed by media experts and material experts, (4) Implementation (This stage is carried out in class X TL 2 of SMK 2 Serang City starting with a pretest to determine the extent of student knowledge about DLE subjects and then applying the media learning that has been developed), (5) Evaluation (This stage is done with posttest to determine the effectiveness of the media that has been made.) The average learning outcomes in the class get a score of 54.16 so that it can be said that student competence is below the average value. Based on the results of the research that has been done, the feasibility of learning media data is obtained by obtaining an average score of 102 "Very Worthy" categories and learning media jobsheets with the acquisition of an average score of 93.5 "Very Worthy" category. Both of these learning media get the value of "Very effective" for learning with the average calculation score n- gain 0.77.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 83201-Jurusan Pendidikan Vokasional Teknik Elektro
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 26 Nov 2021 15:29
Last Modified: 26 Nov 2021 15:29
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9219

Actions (login required)

View Item View Item