Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA KONSEP HUBUNGAN ANTAR KOMPONEN EKOSISTEM DAN JARING-JARING MAKANAN DI LINGKUNGAN SEKITAR (Penelitian Research and Development (R&D) pada Siswa Kelas V SD)

Zahrotul Uyun, Sofiatuz (2019) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA KONSEP HUBUNGAN ANTAR KOMPONEN EKOSISTEM DAN JARING-JARING MAKANAN DI LINGKUNGAN SEKITAR (Penelitian Research and Development (R&D) pada Siswa Kelas V SD). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA KONSEP HUBUNGAN ANTAR KOMPONEN EKOSISTEM DAN JARING-JARING MAKANAN DI LINGKUNGAN SEKITAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengembangan bahan ajar berupa Modul Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan, mengetahui kelayakan bahan ajar berupa Modul Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal, dan mengetahui respon pengguna terhadap Modul Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Peneliti melakukan penelitian untuk mengembangkan suatu produk berupa Modul Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal pada Konsep Hubungan Antar Komponen Ekosistem dan Jaring-jaring Makanan di Lingkungan Sekitar. Bahan ajar ini merupakan modul pembelajaran yang memungkinkan peserta didik dapat belajar mengenai konsep-konsep materi IPA dan konten-konten kearifan lokal Suku Baduy secara mandiri, baik dengan bimbingan pendidik maupun tanpa bimbingan pendidik. Untuk menguji kelayakan modul ini, dilakukan uji validasi ahli. Validasi ahli dilakukan oleh ahli bahasa, ahli media, ahli materi, ahli etnopedagogi, dan ahli pembelajaran IPA di SD. Tingkat kelayakan modul pembelajaran berdasarkan hasil penilaian dari para ahli tersebut diperoleh persentase nilai rata-rata 85,5% dengan kategori modul pembelajaran yang dikembangkan “sangat layak”. Respon peserta didik terhadap modul pembelajaran ini memperoleh persentase sebesar 99,03% termasuk ke dalam kategori “sangat baik”.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorA. Syachruroji, A. SyachrurojiUNSPECIFIED
Thesis advisorAndriana, EncepUNSPECIFIED
Additional Information: The purpose of this study was to know how the development of teaching materials in the form of Learning Module Based on Local Wisdom, to know the feasibility of teaching materials in the form of Learning Module Based on Local Wisdom, and to know the user's response to the Learning Module Based on Local Wisdom. This study uses the Research and Development (R&D) method. The researcher conducts research to develop a product in the form of Science Learning Module Based on Local Wisdom in The Concept of Relationship Between Ecosystem Components and Food Networks in The Surrounding Environment. This teaching material is a learning module that allows students to learn about the concepts of science materials and the content of local wisdom of the Baduy Tribe independently, with the guidance of educators and without the guidance of educators. To test the feasibility of this module, an expert validation test was conducted. Expert validation is carried out by linguists, media experts, material experts, ethnopedagogy experts, and science learning experts in elementary schools. The feasibility level of the learning module is based on the results of the assessment of the experts obtained the percentage of the average value of 85.5% with the category of learning modules developed “very feasible”. The responses of students to this learning module get a percentage of 99.03% included in the category of “very good”.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 26 Nov 2021 15:17
Last Modified: 26 Nov 2021 15:17
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9213

Actions (login required)

View Item View Item