Ilahiyah, Nihlatul (2019) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PAKEM PADA MATER BILANGAN PECAHAN KELAS III DI SDN CIPOCOK JAYA 1 Penelitian Pengembangan pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Cipocok Jaya 1 Tahun Ajaran 2018/2019. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PAKEM PADA MATER BILANGAN PECAHAN KELAS III DI SDN CIPOCOK JAYA 1.pdf Restricted to Registered users only Download (15MB) |
Abstract
Modul merupakan salah satu bahan bahan ajar yang mempunyai peran besar dalam kegiatan belajar mengajar. Pengembangan modul yang sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan yaitu modul yang menyajikan pembelajaran mandiri, interatif, menyenangkan dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul matematika berbasis Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan, pada materi bilangan pecahan di kelas III Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D). Hasil validasi menunjukkan bahwa modul matematika berbasis PAKEM pada materi bilangan pecahan di kelas III Sekolah Dasar dinilai sangat layak, hal ini terlihat dari nilai rata-rata sebesar 87,75%. Modul ini juga mendapatkan respon sangat baik dari peserta didik, hal ini terlihat dari nilai presentase sebesar 97%. Dapat disimpulkan bahwa modul ini menarik bagi siswa dan dapat menjadi sumber belajar alternatif yang digunakan peserta didik untuk mempelajari bilangan pecahan.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Module is one of the teaching materials that have a main role in teaching and learning activities. Development of module in accordance with PP No 32 Tahun 3013 concerning National Education Standards, namely module that provide independent, interactive, fun learning and motivate students to actively participate. This development research aims to produce mathematical module based on Active, Creative, Effective and Enjoyable Learning, on fraction material in grade III of Primary School. The method used is the method of research and development (R & D). The results of the validation show that the mathematics module in the fraction material in grade III of elementary school is considered very feasible, this can be seen from the average score of 87.75%. This module also gets a very good response from students, this can be seen from the percentage score of 97%. It can be concluded that this module is attractive to students and can be an alternative learning resource used by students to learn fractions. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 26 Nov 2021 15:12 | |||||||||
Last Modified: | 26 Nov 2021 15:12 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9208 |
Actions (login required)
View Item |