Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SD Penelitian Pengembangan Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pagadungan 1 Tahun Ajaran 2018/2019

Maesaroh, Maesaroh (2019) PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SD Penelitian Pengembangan Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pagadungan 1 Tahun Ajaran 2018/2019. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran scrapbook bagi kelas V sekolah dasar dan untuk mengetahui kelayakan serta respon siswa kelas V setelah proses pembelajaran dengan menggunakan scrapbook. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan menurut Bord and Gall yang sudah dimodifikasi oleh sugiyono menjadi 6 langkah yaitu, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain produk, revisi desain, dan uji coba lapangan. Media pembelajan scrapbook ini dilakukan uji validasi ahli yang dilakukan pada bulan Mei oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Setelah dilakukan uji coba validasi oleh tim ahli, selanjutnya dilakukan uji coba produk dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas V SD Negeri Pagadungan 1, dengan jumlah responden sebanyak 30 siswa. Hasil uji ahli menunjukan bahwa media pembelajaran scrapbook memperoleh nilai 90% masuk pada kriteria sangat layak. Hasil uji ahli Media menunjukan bahwa media pembelajaran Scrapbook memperoleh nilai 85% masuk pada kriteria sangat layak. Hasil uji ahli bahasa menunjukan bahwa media pembelajaran Scrapbook memperoleh nilai 88,3% masuk pada kriteria sangat layak. Hasil uji coba produk yaitu untuk mengetahui respon siswa memeperoleh nilai sebesar 88,3% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media Scrapbook pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial yang dikembangkan pada peserta didik kelas V SD Negeri Pagadungan 1, sangat layak digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi interaksi manusia dengan lingkungannya.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNurhasana, AnaUNSPECIFIED
Thesis advisorM. Taufik, M. TaufikUNSPECIFIED
Additional Information: This study aims to develop scrapbook learning media for the fifth grade elementary school and to find out the feasibility and response of fifth grade students after the learning process using scrapbook. The research method used is Bord and Gall research and development method which has been modified by Sugiyono into 6 steps, namely, potential and problems, data collection, product design, product design validation, design revision, and field trials. This scrapbook learning media was carried out by expert validation tests conducted in May by material experts, media experts, and linguists. After conducting a validation trial by a team of experts, then a product trial was conducted with the research subject, namely the fifth grade students of SD Negeri Pagadungan 1, with the number of respondents as many as 30 students. The expert test results showed that scrapbook learning media obtained a value of 90% in the criteria very feasible. The results of the Media expert test showed that Scrapbook learning media obtained a value of 85% in the critically feasible criteria. The results of the linguist's test showed that Scrapbook's learning media scored 88.3% in the very feasible criteria. The results of product testing are to find out the response of students to get a value of 88.3% with a very good category. Based on the results of the study it can be concluded that the Scrapbook media on social science subjects developed in fifth grade students of SD Negeri Pagadungan 1, is very feasible to use in learning Social Sciences in the material of human interaction with the environment.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 26 Nov 2021 15:05
Last Modified: 26 Nov 2021 15:05
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9204

Actions (login required)

View Item View Item