Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD Penelitian Pengembangan pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Rawu Tahun Ajaran 2018/2019

Nur Apiani, Desi (2019) PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD Penelitian Pengembangan pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Rawu Tahun Ajaran 2018/2019. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media scrapbook pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi cerita fiksi, untuk mengetahui kualitas media scrapbook yang dikembangkan dan untuk mengetahui respon pengguna terhadap media scrapbook. Penelitian ini merupakan proses penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dengan menggunakan metode dari Borg and Gall yang sudah dimodifikasi oleh sugiyono menjadi 6 langkah. Menguji kelayakan dari produk tersebut, dilakukan dengan uji validasi. Validasi ahli dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan ahli bahasa dengan subjek penelitian 40 siswa kelas IV SD Negeri Rawu. Selanjutnya dilihat bagaimana respon siswa saat menggunakan media scrapbook tersebut. Data yang diperoleh peneliti mendapatkan hasil bahwa media scrapbook dinyatakan “sangat layak” oleh ahli materi dengan nilai presentase 96,6%, ahli media yang mendapatkan nilai presentase 78,9% yang termasuk kedalam kategori “layak” dan ahli bahasa 86,6% yang termasuk kedalam kategori “sangat layak”. Respon siswa mendapatkan nilai persentase 97,5% yang termasuk “sangat baik”.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNulhakim, LukmanUNSPECIFIED
Thesis advisorYuliana, RinaUNSPECIFIED
Additional Information: This study aims to develop scrapbook media on Indonesian language subjects on fiction material, to find out the quality of scrapbook media developed and to find out how users respond to scrapbook media. This research is a process of research and development or research and development (R & D) using a method from Borg and Gall which has been modified by Sugiyono to be 6 steps. To test the feasibility of the product, validation tests were carried out. Expert validation was carried out by material experts, media experts and linguists with research subjects of 40 fourth grade students of Rawu State Elementary School. Next is how students respond when using the scrapbook media. From the data obtained by the researchers, the results were that scrapbook media was declared "very feasible" by material experts with a percentage value of 96.6%, media experts who received a percentage value of 78.9% which was included in the category "eligible" and linguist 86.6% which fall into the category of "very decent". As for the response students get a percentage value of 97.5% which includes "very good".
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 26 Nov 2021 15:03
Last Modified: 26 Nov 2021 15:03
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9203

Actions (login required)

View Item View Item