Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK SISWA KELAS IV DI SDN UMBUL TENGAH 1 Penelitian R&D pada Kelas IV SDN Umbul Tengah 1

Ila Maida, Dawangsih (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK SISWA KELAS IV DI SDN UMBUL TENGAH 1 Penelitian R&D pada Kelas IV SDN Umbul Tengah 1. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK SISWA KELAS IV DI SDN UMBUL TENGAH 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangan media puzzle dan bagaimana kelayakan media puzzle berdasarkan dari para ahli dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) dimana langkah- langkahnya sebagai berikut: (1) Penetapan (Difine), (2) Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Development). Produk yang dihasilkan dari penelitian ini ialah berupa media pembelajaran puzzle yang memuat materi jenis-jenis pekerjaan pada mata pelajaran IPS Sekolah Dasar kelas IV. Media pembelajaran puzzle ini berbentuk persegi empat dengan ukuran 50 cm X 50 cm. puzzle ini dibuat dengan menggunakan beberapa jenis bahan yaitu untuk bagian kotak puzzle menggunakan papan albasiah dan bagian dadu menggunakan triplek. Untuk menguji kelayakan media pembelajaran ini, dilakukan uji coba validasi ahli. Validasi ahli dilakukan oleh validasi instrumen, ahli media, ahli materi dan ahli pendidikan dengan subjek penelitian yaitu 20 peserta didik kelas IV SDN Umbul Tengah 1. Dari data yang diperoleh, media pembelajaran puzzle ini mendapatkan rata-rata skor validasi ahli sebesar 91,10% sehingga mendapatkan kategori ―sangat layak‖ dan mendapatkan rata-rata skor sebesar 91,19% dari respon siswa dan masuk dalam kategori ―sangat layak‖. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran puzzle ini layak di gunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRahman Hakim, ZerriUNSPECIFIED
Thesis advisorM. Taufik, M. TaufikUNSPECIFIED
Additional Information: This study aims to find out how to develop media puzzles and how the feasibility of media puzzles is based on experts using Research and Development (R & D) methods where the steps are as follows: (1) Difine (2) Design , (3) Development. The products produced from this research are in the form of puzzle learning media that contain types of IPS work material for fourth grade students. This puzzle learning media is rectangular with a size of 50 cm X 50 cm. This puzzle is made using several types of materials, namely for puzzle box parts using an albatah board and dice using plywood. To test the feasibility of this learning media, expert validation tests were carried out. Expert validation is done by instrument validation, media experts, material experts, and education experts with research subjects, namely 20 fourth grade students of Middle Umbul SDN 1. From the data obtained, this puzzle learning media gets an expert validation score of 91.10% on average so that they get the "very decent" category and get an average score of 91.19% of student responses and fall into the "very decent" category. So it can be concluded that puzzle learning media is feasible to use.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 26 Nov 2021 14:59
Last Modified: 26 Nov 2021 14:59
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9201

Actions (login required)

View Item View Item