Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN OTHELLO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI KERAGAMAN DI INDONESIA Penelitian Research and Development (R&D) Pada Siswa Kelas IV SDN Serang 3

Fajri Wijaya, Amalia (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN OTHELLO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI KERAGAMAN DI INDONESIA Penelitian Research and Development (R&D) Pada Siswa Kelas IV SDN Serang 3. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN OTHELLO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI KERAGAMAN DI INDONESIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi keragaman di Indonesia melalui pengembangan media pembelajaran dengan berlandaskan permainan othello. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Serang 3 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah media pembelajaran othello yang memuat materi tentang keragaman di Indonesia untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Media pembelajaran othello ini dibuat dengan menggunakan triplek berkotak sebanyak 64 berukuran 5×5cm, dan mempunyai 64 buah bidik berbentuk lingkaran dengan warna yang berbeda yaitu hitam dan putih serta 64 kartu soal permainan othello. Untuk menguji kelayakan dalam media pembelajaran ini, dilakukan uji coba validasi ahli. Validasi ahli di lakukan oleh ahli materi dan ahli media dengan subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri Serang 3 dengan jumlah 43 siswa. Dari data yang diperoleh media pembelajaran othello ini mendapatkan rata-rata skor validasi ahli sebesar 87,45% sehingga mendapatkan kategori “Sangat Layak”, dan mendapatkan rata-rata skor dari respon siswa sebesar 84,60% masuk dalam kriteria “Sangat Layak”. Jadi, dapat di simpulkan bahwa media pembelajaran othello pada materi keragaman di Indonesia ini layak digunakan dan dapat meningkatkan pemahaman siswa yang dilihat berdasarkan hasil belajar yakni 88,4% siswa memperoleh nilai lebih dari 75 dengan rata-rata keseluruhan siswa mencapai 85,48%.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuparno, SuparnoUNSPECIFIED
Thesis advisorDamanhuri, DamanhuriUNSPECIFIED
Additional Information: This study aims to improve students' understanding of cultural material in Indonesia through the development of learning media based on the othello game. This research was conducted in SD Negeri Serang 3 school year 2018/2019. This study uses the Research and Development (R & D) method. The product that was produced from this study was the othello learning media which contained material about diversity in Indonesia for fourth grade students of elementary school. The othello learning media was made using 64 boxed plywood measuring 5 × 5cm, and had 64 circular shapes with different colors namely black and white and 64 cards about the othello game. To test the feasibility of this learning media, expert validation trials were conducted. Expert validation was carried out by material experts and media experts with research subjects, namely all fourth grade students of Serang 3 Elementary School with a total of 43 students. From the data obtained by othello learning media, the average expert validation score is 87.45% so that it gets the "Very Worthy" category, and get an average score of student responses of 84.60% in the "Very Worthy" criteria. So, it can be concluded that the othello learning media on material diversity in Indonesia is feasible to use and can improve students' understanding seen based on learning outcomes, namely 88.4% of students get more than 75 grades with the overall average of students reaching 85.48%.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 26 Nov 2021 14:50
Last Modified: 26 Nov 2021 14:50
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9193

Actions (login required)

View Item View Item