Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK BERBASIS KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS IV SD/MI (Penelitian di SDN Larangan Kelas IV Kabupaten Serang Tahun Ajaran 2018/2019)

Saraswati, Resa (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK BERBASIS KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS IV SD/MI (Penelitian di SDN Larangan Kelas IV Kabupaten Serang Tahun Ajaran 2018/2019). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK BERBASIS KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS IV SD-MI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pembuatan media dan mengetahui kelayakan media pembelajaran komik berbasis karakter di kelas IV SDN Larangan. Langkah-langkah pengembangan media pembelajaran komik berbasis karakter menggunakan desain Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) atau R&D yang dikembangkan oleh Sugiyono. Langkah- langkah penelitian pengembangan media pembelajaran komik ini terdiri dari 6 tahapan, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk (uji coba terbatas). Media pembelajaran ini divalidasi oleh 3 ahli, yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Setelah dilakukan uji validasi oleh tim ahli, selanjutnya dilakukan uji coba produk (uji coba terbatas), dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IV SDN Larangan yang dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 15 Mei 2019 dengan jumlah peserta didik sebanyak 30 orang. Hasli uji media menunjukkan bahwa media pembelajaran komik ini memperoleh nilai rata-rata sebesar 86,66% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil uji materi menunjukkan bahwa media pembelajaran ini memperoleh nilai rata-rata sebesar 85% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil uji ahli bahasa menunjukkan bahwa media pembelajaran komik memperoleh nilai rata-rata 76,92% dan masuk pada kategori “Layak”. Hasil uji coba produk (uji coba terbatas) memperoleh nilai rata-rata sebesar 85,37% dan masuk kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran komik berbasis karakter yang dikembangkan di kelas IV SD sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada materi keragaman agama di Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorJamaludin, UjangUNSPECIFIED
Thesis advisorDamanhuri, DamanhuriUNSPECIFIED
Additional Information: This study aims to determine the steps of making media and find out the feasibility of character-based comic learning media in class IV SDN Larangan. The steps for developing character-based comic learning media using research and developed or R&D design by Sugiyono. The research steps for developing comic learning media consist of 6 stages, namely potential and problems, data collection, product design, design validation, design revision, and product testing (limited trials). This learning media is validated by 3 experts, namely media experts, material experts, and linguists. After the validation test was conducted by the expert team, then a product trial (limited trial) was carried out, with the subjects of the research being fourth grade students at Larangan Elementary School which was held on Wednesday, May 15 2019 with a total of 30 students. The results of media testing show that the comic learning media obtained an average score of 86.66% in the "Very Worthy" category. The results of the material test showed that the learning media obtained an average score of 85% in the "Very Worthy" category. The results of the linguist test show that comic learning media obtain an average score of 76.92% and fall into the "Eligible" category. The results of product trials (limited trials) obtained an average value of 85.37% and were included in the category of "Very Good". Based on the results of the study it can be concluded that character-based comic learning media developed in grade IV elementary school are very feasible to be used in the learning of Civics Education in the material of religious diversity in Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 26 Nov 2021 14:46
Last Modified: 26 Nov 2021 14:46
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9191

Actions (login required)

View Item View Item