Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU PINTAR (SMART CARD) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SD Studi Penelitian dan Pengembangan Pada Siswa Kelas IV SDN Mancak 1

HIPNI, MUHAMAD (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU PINTAR (SMART CARD) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SD Studi Penelitian dan Pengembangan Pada Siswa Kelas IV SDN Mancak 1. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU PINTAR (SMART CARD) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SD Studi Penelitian dan Pengembangan Pada Siswa Kelas IV SDN Mancak 1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengembangkan media pembelajaran kartu pintar untuk materi sumber daya alam pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas IV sekolah dasar dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran kartu pintar untuk materi untuk materi sumber daya alam pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas IV sekolah dasar yang dikembangkan mendapat penilaian yang layak dari pakar. Penelitian ini dilakukan di SDN Mancak 1 Desa Labuan Kecamatan Mancak Kabupaten Serang Provinsi Banten dengan subjek penelitian siswa kelas IV sejumlah 18 siswa. Jenis penelitian yang digunakan mengacu pada model pengembangan Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Model ini terdiri dari 3 tahap yaitu, tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (develop). Instrumen yang digunakan berupa lembar angket untuk validasi media oleh dosen ahli serta guru dan lembar angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan kualitas media kartu pintar yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak dengan presentase 92,94% dari 2 ahli materi, kategori sangat layak dengan presentase 96,47% dari 2 ahli media, dan 92,85% dari 2 ahli pendidikan . Respon siswa terhadap media kartu pintar pada uji coba dengan 18 responden sebesar 82,30% dengan kategori sangat baik

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHendracipta, NanaUNSPECIFIED
Thesis advisorNulhakim, LukmanUNSPECIFIED
Additional Information: This study aims to find out how to develop smart card learning media for natural resource material in natural science subjects in the fourth grade of elementary school and to find out the feasibility of smart card learning media for material for natural resource material in natural science subjects in the classroom IV developed primary school received a proper assessment from the expert. This research was conducted at Mancak 1 Elementary School in Labuan village, Mancak District, Serang Regency, Banten Province, with a research subject of class IV students of 18 students. The type of research used refers to the development model of Thiagarajan, Semmel, and Semmel. This model consists of 3 stages, namely, defining, planning, developing. The instruments used were questionnaires for media validation by expert lecturers and teachers and student response questionnaires. Based on data analysis, it can be concluded that the quality of the smart card media developed is included in the very feasible category with a percentage of 92,94% from 2 material experts, very feasible category with a percentage of 96,47% from 2 media experts, and 92,85% from 2 education experts . Student responses to santri card media were tested with 18 respondents at 82,30% with very good categories.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 26 Nov 2021 14:44
Last Modified: 26 Nov 2021 14:44
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9190

Actions (login required)

View Item View Item