Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK di SMK PASUNDAN 2 KOTA SERANG

YULIAWATI, LELY (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK di SMK PASUNDAN 2 KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E MODUL BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK KELAS X TEKNIK INSTALASI TEN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran pada penelitian ini merupakan pengembangan media pembelajaran e-modul berbasisi adobe flash serta untuk kelayakan media pembelajaran diketahui dari pengimbangan media pembelajaran E-Modul Berbasis Adobe Flash pada Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). ADDIE merupakan model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini ADDIE, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan) & Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Tahap analisis merupakan tahap menganalisis kebutuhan, kurikulum, dan materi. Tahap perancangan dengan merancang desain dan isi media pembelajaran. Tahap pengembangan dan implementasi dengan e-modul berbasis adobe flash sebagai media. Tahap implementasi dilaksanakan kepada seluruh siswa kelas X TITL di SMK Pasundan 2 Kota Serang. Tahap evaluasi diketahui apakah Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Adobe Flash dan materi yang disajikan sudah layak untuk digunakan. Hasil penelitian yaitu; (1) Validasi media sangat layak dengan persentase sebesar 95,3%. (2) Validasi materi sangat layak dengan persentase adalah 97,9%. (3) Hasil penilaian angket data uji coba skala kecil mendapatkan nilai rata-rata persentase adalah 91,7% dan dalam kategori sangat layak. (4) Hasil pada angket data uji coba skala besar mendapatkan hasil sangat layak dengan persentase sebesar 92,4%. (5) Hasil dari latihan yang dilakukan didapatkan nilai rata-rata 92,1 sebelum menggunakan media pembelajaran nilai rata-rata yang dkan siswa 80,5 . (6) Hasil nilai evaluasi mendapatkan nilai rata-rata 88,5 yang sebelum menggunakan Media Pembelajaran siswa hanya mendapatkan nilai rata-rata 78,5.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAribowo, DidikUNSPECIFIED
Thesis advisorAbi Hamid, MustofaUNSPECIFIED
Additional Information: This study aims to develop adobe flash-based e-module learning media and to determine the feasibility of learning media from the development of Adobe Flash-based E-Module learning media in Electromechanical Basic Work Subjects. This research is a Research and Development (R&D) research. The development model in this study is ADDIE, namely Analysis, Design, Development & Implementation, and Evaluation. The analysis phase is the stage of analyzing the needs, curriculum, and material. The design phase by designing the design and content of learning media. Development and implementation stage with adobe flash-based e-module learning media. The implementation phase is carried out for all grade X students of Electrical Power Installation Engineering at SMK Pasundan 2 Serang City. The evaluation phase is to find out whether Adobe Flash Based E-Module Learning Media and the material presented are appropriate to use. The results of the research are; (1) Media validation is very reasonable with a percentage of 95.3%. (2) Material validation is very feasible with a percentage of 97.9%. (3) The results of the questionnaire evaluation data of small group trials get an average percentage value of 91.7% and in the very feasible category. (4) The results of the assessment in the large group trial data questionnaire received very decent results with a percentage of 92.4%. (5) The results of the exercises carried out an average value of 92.1 before using learning media the average value obtained by students 80.5. (6) The results of the evaluation scores get an average value of 88.5 which before using the Learning Media students only get an average value of 78.5.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 83201-Jurusan Pendidikan Vokasional Teknik Elektro
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 26 Nov 2021 14:39
Last Modified: 26 Nov 2021 14:39
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9187

Actions (login required)

View Item View Item