Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PUZZLE PETA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN SIDAMUKTI 4 PANDEGLANG ”Penelitian R&D mengenai Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Puzzle Peta pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di SDN Sidamukti 4 Kabupaten Pandeglang Banten”

Nazlah, Nabila (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PUZZLE PETA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN SIDAMUKTI 4 PANDEGLANG ”Penelitian R&D mengenai Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Puzzle Peta pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di SDN Sidamukti 4 Kabupaten Pandeglang Banten”. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PUZZLE PETA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN SIDAMUKTI 4 PANDEGLANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis puzzle peta yang layak untuk pembelajaran IPS pada materi peta lingkungan di kelas IV SDN Sidamukti 4 Pandeglang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) atau R&D yang mengacu pada pengembangan yang telah dimodifikasi oleh Sugiyono. Penelitian ini dilakukan di SDN Sidamukti 4 pada bulan Oktober sampai bulan November 2018. Penelitian dilakukan dengan langkah-langkah: Analisis masalah, Pengumpulan data, Desain produk, Validitas Uji Ahli, Revisi produk dan Uji Coba Terbatas. Produk yang dikembangkan diuji kelayakannya dengan validasi oleh ahli desain, ahli bidang studi IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial), dan uji coba terbatas. Subjek penelitian berjumlah 10 orang siswa saat uji coba terbatas. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa validasi ahli desain memperoleh skor rata-rata 83,5% yang termasuk dalam kategori “sangat layak”. Hasil validasi ahli bidang studi IPS memperoleh skor rata-rata 91,39% yang termasuk dalam kategori “sangat layak”. Hasil uji coba Terbatas memperoleh skor rata-rata 81% yang termasuk dalam kategori “sangat layak”. Berdasarkan hasil uji coba tersebut, media pembelajaran berbasis Puzzle Peta layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPS materi Peta lingkungan

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorM. Taufik, M. TaufikUNSPECIFIED
Thesis advisorDamanhuri, DamanhuriUNSPECIFIED
Additional Information: This study aims to develop appropriate puzzle based learning media for social studies learning on environmental map material in the fourth grade of SDN Sidamukti 4 Pandeglang. This research is a type of research and development or R & D which refers to the development that has been modified by Sugiyono. This research was conducted at SDN Sidamukti 4 in October to November 2018. The research was carried out by steps: Analysis of the problem, Data collection, Product design, Validity of Expert Test, Product revision and Limited Trial. The product developed was tested for its feasibility by validation by design experts, experts in the field of social studies (Social Sciences), and limited trials. The research subjects amounted to 10 students during a limited trial. The instruments used to collect data are questionnaire sheets, interviews and documentation. The results showed that the validation of design experts obtained an average score of 83.5% which was included in the category of "very feasible". The results of the validation of the social studies experts obtained an average score of 91.39% which was included in the "very feasible" category. The results of the Limited trial obtained an average score of 81% which was included in the "very feasible" category. Based on the results of these trials, Puzzle Map-based learning media is feasible to be used in social studies learning material for environmental maps.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 26 Nov 2021 14:31
Last Modified: 26 Nov 2021 14:31
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9179

Actions (login required)

View Item View Item