Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN ALJABAR (Suatu Penelitian Pengembangan)

SODRI, ALI (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN ALJABAR (Suatu Penelitian Pengembangan). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN ALJABAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan media pembelajaran berbasis kontekstual pada pokok bahasan Aljabar. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Al Irsyad Banten tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan sesuai dengan prosedur penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan dalam penelitian ini melibatkan tujuh tahap, yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Uji skala terbatas dilakukan pada 9 siswa kelas VII. Produk yang diuji cobakan pada tahapan uji skala terbatas yaitu Media Pembelajaran Matematika pada materi Aljabar yang disajikan dengan interaktif dan dipadukan dengan pendekatan kontekstual. Media pembelajaran berbasis kontekstual merupakan media pembelajaran yang memuat tujuh komponen pendekatan kontekstual (kontruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, penilaian yang sebenarnya) dalam penyajian materinya. Pendekatan kontekstual sendiri merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang dalam prosesnya mengaitkan objek sekitar kedalam materi pembelajaran sehingga lebih mudah dipahami siswa. Data penelitian diperoleh dengan diberikan angket (10 butir pertanyaan angket tertutup dan 8 butir pertanyaan angket terbuka) setelah menggunakan media pembelajaran. Pengolahan data angket menggunakan skala likert. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah media pembelajaran yang telah dikembangkan dan diujikan dinyatakan sangat baik dengan rata-rata penilaian uji ahli multimedia 82%, uji ahli matematika 84,4% uji ahli pendidikan 82,8%, dan 78,3% pada uji skala terbatas dengan respon siswa setelah menggunakan dikatakan baik terhadap media pembelajaran berbasis kontekstual.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSetiani, YaniUNSPECIFIED
Thesis advisorMarethi, IndianaUNSPECIFIED
Additional Information: This study aims to create and develop contextual-based learning media on the subject of Algebra. This research was conducted at Al Irsyad Junior High School Banten 2014/2015 academic year. This research was carried out in accordance with research and development procedures. The development model in this study involved seven stages, namely: potential and problems, data collection, product design, design validation, design revision, product testing, and product revision. Limited scale testing is conducted on 9 students of class VII. The product tested at the limited scale test stage is Mathematics Learning Media on Algebraic material which is presented interactively and combined with a contextual approach. Contextual based learning media is a learning media that contains seven components of contextual approach (constructivism, finding, asking, learning community, modeling, reflection, actual assessment) in the presentation of the material. The contextual approach itself is a learning approach which in the process connects surrounding objects into learning material so that it is more easily understood by students. The research data was obtained by giving questionnaires (10 closed questionnaire questions and 8 open questionnaire questions) after using learning media. Questionnaire data processing using a Likert scale. The conclusion obtained in this study is that learning media that have been developed and tested are stated to be very good with an average multimedia expert test score of 82%, mathematician test 84.4% education expert test 82.8%, and 78.3% in the test Limited scale with student response after using is said to be good towards contextual based learning media.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 26 Nov 2021 14:27
Last Modified: 26 Nov 2021 14:27
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9177

Actions (login required)

View Item View Item