Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN MEDIA MONOJARTUM (MONOPOLI JARINGAN TUMBUHAN) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALTERNATIF PADA KONSEP STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN KELAS VIII SMP

SUWARTIKA, TRISWANTI (2019) PENGEMBANGAN MEDIA MONOJARTUM (MONOPOLI JARINGAN TUMBUHAN) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALTERNATIF PADA KONSEP STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN KELAS VIII SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN MEDIA MONOJARTUM (MONOPOLI JARINGAN TUMBUHAN) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALTERNATIF PADA KONSEP STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN KELAS VIII SMP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media Monojartum (monopoli jaringan tumbuhan) sebagai media pembelajaran alternatif pada konsep struktur dan fungsi tumbuhan kelas VIII SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah R & D (research and development) dengan desain penelitian Borg and Gall (penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan bentuk awal dari produk, uji lapangan awal, dan revisi produk). Aspek penilaian dari segi media meliputi bahasa, desain dan ukuran media, keterlaksanaan dan fungsi media. Aspek penilaian dari segi materi meliputi materi/isi. Hasil validasi menunjukkan bahwa media Monojartum layak sebagai media pembelajaran dengan rata-rata persentase kelayakan pada aspek media sebesar 91,66% dan aspek materi sebesar 96,66%. Persentase tersebut menunjukkan Monojartum termasuk kategori sangat layak sebagai media pembelajaran alternatif pada konsep struktur dan fungsi tumbuhan kelas VIII SMP.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorErmila Hendriyani, MilaUNSPECIFIED
Thesis advisorJuwita Sari, IndahUNSPECIFIED
Additional Information: This research aimed to develop and know feasible a Monojartum media (monopoli jaringan tumbuhan/plant tissue monopoly) as an alternative media on structure and function of plant concept 8th grade junior high school student’s. The method used R & D (research and development) and the design based on Borg and Gall (research and information collecting, planning, developing preliminary form of product, preliminary field testing, and revising main product). Media validation consisted of media aspects, there are of language, media design and size, implementation aspect and its media function. Material validation consisted of material aspect. The result showed that the product’s Monojartum was feasible as learning media with percentage of the feasibility in the media aspect about 91,66% and in the material aspect about 96,66%, with the category is very suitable to be used as learning media of SMP class VIII on structure and function of plant concept.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 26 Nov 2021 14:13
Last Modified: 26 Nov 2021 14:13
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9170

Actions (login required)

View Item View Item