Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN KALIGANDU KOTA SERANG (Penelitian dan Pengembangan (Research & Development) Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV di SDN Kaligandu Kota Serang)

Tri Utami, Djova (2019) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN KALIGANDU KOTA SERANG (Penelitian dan Pengembangan (Research & Development) Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV di SDN Kaligandu Kota Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN KALIGANDU KOTA SERANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media buku saku berbasis mind mapping pada materi pelajaran IPS di kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kaligandu Kota Serang tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Produk yang dihasilkan dari penelitian ini berupa media pembelajaran yang memuat materi mengenai peristiwa sekitar proklamasi pada mata pelajaran IPS Sekolah Dasar kelas V. Media pembelajaran ini merupakan media yang dicetak dengan berukuran A5 yang menggunakan beberapa gambar peristiwa yang terjadi sekitar proklamasi. Menguji kelayakan dalam media ini, dilakukan uji coba validasi ahli. Validasi ahli dilakukan oleh ahli media, ahli materi dan ahli pendidikan dengan subjek penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VA SD Negeri Kaligandu Kota Serang dengan subjek penelitian 20 siswa. Dari data yang diperoleh, media buku saku berbasis mind mapping ini mendapatkan rata-rata skor validasi ahli sebesar 87,6%, sehingga mendapat kategori “sangat layak”, dan mendapat rata-rata skor sebesar 89,25% dari respon siswa dan masuk dalam kriteria “sangat baik”, selanjutnya memperoleh nilai sebesar 95% dari respon guru yang mendapatkan kriteria “sangat baik”. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media buku saku berbasis mind mapping pada mata pelajaran IPS materi Peristiwa Sekitar Proklamasi ini layak dan dapat dipergunakan pada siswa kelas 5 Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorM. Taufik, M. TaufikUNSPECIFIED
Thesis advisorYuliana, RinaUNSPECIFIED
Additional Information: This study aims to develop a mind mapping based pocket book media on social studies material in grade V of elementary school. This research was conducted in Kaligandu City Serang Elementary School in the 2018/2019 academic year. This study uses the Research and Development (R & D) method. The products produced from this research are in the form of learning media that contain material about the events around the proclamation on social studies subjects in the fifth grade of elementary school. events that occurred around the proclamation. Testing the feasibility in this media, conducted expert validation trials. Expert validation was carried out by media experts, material experts and education experts with research subjects, namely all VA students in the Kaligandu Elementary School in Serang City with 20 students as research subjects. From the data obtained, this mind ampping-based pocket book media obtained an expert validation score of 87.6%, so it got the category of "very decent", and got an average score of 89.25% from student responses and entered in the criteria are "very good", then get a value of 95% of the response of teachers who get the criteria "very good". So, it can be concluded that pocket mapping media based on mind mapping in social studies subjects, the events around the proclamation are feasible and can be used in 5th grade students of elementary school.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 26 Nov 2021 14:02
Last Modified: 26 Nov 2021 14:02
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9166

Actions (login required)

View Item View Item