PRILIA NURASIH, YOELINDA (2019) PENGEMBANGAN MAJALAH INVERTEBRATA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SMA KELAS X PADA SUBKONSEP INVERTEBRATA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGEMBANGAN MAJALAH INVERTEBRATA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SMA KELAS X PADA SUBKONSEP INVERTEBRATA.PDF Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan majalah invertebrata sebagai sumber belajar siswa pada subkonsep invertebrata dan untuk mengetahui kelayakan serta respon siswa terhadap majalah invertebrata ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 3D (define, design, dan develop). Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2018 hingga Mei 2019 di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dan SMAN 6 Kota Serang. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket kelayakan majalah invertebrata dengan kriteria kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan kebahasaan, dan kelayakan kegrafikan serta angket respon siswa. Pada penilaian ahli, kelayakan majalah invertebrata memperoleh nilai 97,5%. Nilai tersebut termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil uji pada respon siswa memperoleh nilai 98%, yang termasuk dalam kategori sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa majalah invertebrata pada subkonsep invertebrata untuk siswa SMA kelas X sangat layak untuk digunakan sebagai sumber belajar.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | This research aimed to develop invertebrate magazine as a learning resource for student’s in invertebrate sub-concepts and to find out the feasibility and response of students to this invertebrate magazine. This research uses research and development (R&D) method with 3-D (define, design, and develop). This research was conducted in March 2018 to May 2019 at the Universitas Sultan Ageng Tirtayasa and SMAN 6 Kota Serang. The data collected by using expert assessment sheet and student response sheet with the criteria are feasibility of content, presentation, language, dan graphing. The result of expert assessment, the invertebrate magazine earned value 97,5%. The value was included into very decent category. The value of student’s response was 98% and the value was included into very decent category. Thus it can be concluded invertebrate magazine on invertebrate sub-concepts for 10th grade of senior high school student’s was very decent for to be used as a learning resources. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 26 Nov 2021 14:00 | |||||||||
Last Modified: | 26 Nov 2021 14:00 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9165 |
Actions (login required)
View Item |