Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN MAJALAH BERBASIS KONTEKSTUAL PADA KONSEP PERUBAHAN LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK SISWA KELAS X SMA

SARI INDRIANI, MILA (2019) PENGEMBANGAN MAJALAH BERBASIS KONTEKSTUAL PADA KONSEP PERUBAHAN LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK SISWA KELAS X SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN MAJALAH BERBASIS KONTEKSTUAL PADA KONSEP PERUBAHAN LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK SISWA KELAS X SMA.PDF
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan majalah berbasis kontekstual (Envi Magz) sebagai media pembelajaran pada konsep perubahan lingkungan, untuk mengetahui kelayakan, serta untuk mengetahui respon siswa terhadap majalah Envi Magz. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 3D (define, design dan develop). Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2018 hingga Juli 2019 di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dan SMAN 5 Kota Serang. Penilaian kelayakan dari ahli materi untuk majalah Envi Magz memperoleh nilai sebesar 87,5% dan dari ahli media memperoleh nilai sebesar 92,5%. Kedua nilai tersebut termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil uji pada respon siswa memperoleh nilai sebesar 98,5% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa majalah Envi Magz pada konsep perubahan lingkungan untuk siswa SMA kelas X sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRahman, AdityaUNSPECIFIED
Thesis advisorFadrikal, RahmatUNSPECIFIED
Additional Information: The aims of this study was to develop a contextual based magazine (Envi Magz) as a learning media in the concept of environmental change, to determine the feasibility and to determine the student’s response to Envi Magz magazine. The research method used was the research and development method (R&D) with a 3D model (define, design, and develop). This research was conducted on July 2018 until July 2019 at Sultan Ageng Tirtayasa University and SMAN 5 Kota Serang. The feasibility assessment from material experts for Envi Magz magazine obtains a score of 87,5% and from media experts obtains a score of 92,5%. Both of those values are in the very feasible category. The test result of the student’s response obtains a score of 98.5% which is included in the very feasible category. Thus it can be concluded that the Envi Magz magazine in the concept of environmental change for class X high school students is very feasible to be used as a learning media.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 26 Nov 2021 13:59
Last Modified: 26 Nov 2021 13:59
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9164

Actions (login required)

View Item View Item