Aisyah Aini, Nur (2019) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK PESERTA DIDIK SD KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA (Penelitian Pengembangan di Kelas IV SDN Panancangan 2 Kota Serang Tahun Ajaran 2018/2019). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK PESERTA DIDIK SD KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA.PDF Restricted to Registered users only Download (29MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan dalam membuat LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi gaya di kelas IV SD, untuk mengetahui apakah LKPD layak untuk digunakan sebagai bahan ajar, dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD berbasis Problem Based Learning. Penelitian ini dilakukan di SDN Panancangan 2 Kota Serang dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV sejumlah 20 peserta didik pada uji coba terbatas. Jenis penelitian yang digunakan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall modifikasi Sugiyono. Model ini terdiri dari 6 tahap: (1) Analisis Masalah, (2) Pengumpulan informasi/data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) Revisi Desain, dan (6) Uji Coba Terbatas. Pada penelitian ini hanya terbatas sampai revisi dosen ahli serta guru dan lembar angket respon peserta didik. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan kualitas LKPD yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik sehingga layak digunakan dengan persentase 95,6% dari 2 ahli materi, 100% dari ahli media, dan 92,3% dari ahli bahasa. Sedangkan, untuk respon peserta didik didapatkan hasil dengan persentase 98,4% dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | This research was designed to describe the stages of making LKPD based on Problem Based Learning about the force in 4th grade elementary school, to find out whether the LKPD is feasible to use as teaching material, and to find out student responses to LKPD based on Problem Based Learning. This research was conducted at Panancangan 2 Elementary School in Serang City with the research subject of participants in class IV of the 20 students in a limited trial. The type of research used in the development model of Borg and Gall Sugiyono’s modification. This model consists of 6 people: (1) Problem Analysis, (2) Collection of information / data, (3) product design, (4) validation design, (5) Design Revision, and (6) Limited Trial. In this study only limited to expert teacher revisions and student response questionnaire sheets. Based on the data analysis it can be concluded that the quality of the LKPD developed was in accordance with the 95% category of 2 material experts, 100% of media experts, and 92.3% of linguists. Whereas, for student responses the results were obtained with a percentage of 98.4% with very good categories | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 26 Nov 2021 13:55 | |||||||||
Last Modified: | 26 Nov 2021 13:55 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9162 |
Actions (login required)
View Item |