Destia, Nova (2019) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS CERGAM (CERITA BERGAMBAR) PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI Penelitian dan Pengembangan (R&D) Pada Siswa Kelas III SD Negeri Peusar 2 Panongan Kab. Tangerang. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS CERGAM (CERITA BERGAMBAR) PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI.pdf Restricted to Registered users only Download (19MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan serta tingkat kelayakan LKPD berbasis CERGAM (Cerita bergambar) Pada Mata Pelajaran IPA Materi Kenampakan Permukaan Bumi dan mengetahui respon siswa setelah menggunakan LKPD berbasis CERGAM (Cerita Bergambar) Pada Mata Pelajaran IPA Materi Kenampakan Permukaan Bumi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development, dengan desain pengembangan menurut Borg and Gall yang telah di modifikasi oleh Sugiyono melalui 6 tahapan. Penilaian produk untuk uji kelayakan LKPD dilakukan oleh 3 ahli antara lain ahli isi/materi, ahli bahasa, dan ahli media. Hasil penilaian ahli isi/materi mendapatkan nilai 97,82 % dengan kriteria interpretasi “Sangat Layak”, hasil penilaian ahli bahasa mendapatkan nilai 93.33 % dengan kriteria interpretasi “Sangat Layak”, dan hasil penilaian ahli media mendapatkan nilai 82,4 % dengan kriteria interpretasi “Sangat Layak”. Hasil respon siswa yang telah dianalisis mendapatkan nilai presentase sebesar 82,69 % dengan kriteria interpretasi “Sangat Baik”.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | This study aims to determine the development process and the feasibility level of CERGAM- based LKPD (Picture Story) in Science Subjects of Earth Surface Appearance Material and find out the response of students after using CERGAM-based LKPD (Picture Story) in Science Subjects of Earth Surface Appearance Material. The research method used in this study is Research and Development, with the design of development according to Borg and Gall which has been modified by Sugiyono through 6 stages. Product assessment for the LKPD feasibility test is carried out by 3 experts including content / material experts, linguists, and media experts. The results of the content / material expert scores 97.82% with the "Very Eligible" interpretation criteria, the results of the linguist's assessment score 93.33% with "Very Eligible" interpretation criteria, and the media expert's assessment score 82.4% with interpretation criteria "Very Worthy". The results of student responses that have been analyzed get a percentage value of 82.69% with the interpretation criteria "Very Good". | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 26 Nov 2021 13:51 | |||||||||
Last Modified: | 26 Nov 2021 13:51 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9158 |
Actions (login required)
View Item |