Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF BERBASIS ETNOMATEMATIKA BUDAYA BANTEN PADA SISWA SMP

Kurnia, Tria (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF BERBASIS ETNOMATEMATIKA BUDAYA BANTEN PADA SISWA SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF BERBASIS ETNOMATEMATIKA BUDAYA BANTEN PADA SISWA SMP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi Lembar Kerja Siswa (LKS) yang digunakan siswa yaitu LKS yang dibeli melalui penerbit yang masih kurang mendorong pengembangan kemampuan komunikasi matematis siswa. Kemudian kurangnya pengetahuan siswa tentang budaya Banten. Sebagaimana tujuan pembelajaran matematika berdasarkan Permen nomor 22 tahun 2006 yaitu salah satunya mengkomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah. Oleh sebab itu diperlukannya suatu bahan ajar yang memuat indikator-indikator kemampuan komunikasi matematis, dan budaya Banten. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode pengembangan yang diadaptasi dari Sugiyono (2015), tujuh tahapan utama dilakukan dalam penelitian ini. Enam orang uji ahli yaitu dua orang uji ahli matematika, dua orang uji ahli pendidikan, dan dua orang uji ahli desain telah melaksanakan pengujian terhadap bahan ajar LKS yang dikembangkan. Berdasarkan uji ahli matematika, bahan ajar tersebut dinilai baik dengan persentase 90%. Untuk uji ahli pendidikan, persentase yang didapat sebesar 91% dengan kategori sangat baik. Sedangkan untuk uji ahli desain mendapatkan persentase sebesar 93%%dengan kategori sangat baik. Bahan ajar LKS tersebut juga diujicobakan kepada empat belas orang siswa SMP kelas VII. Hasil respon siswa terhadap LKS dengan segi empat tersebut yaitu sebesar 91% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, bahan ajar kemampuan kemampuan komunikasi matematis dengan pendekatan metakognitif berbasis etnomatematika budaya Banten layak digunakan sebagai salah satu referensi dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIhsanudin, IhsanudinUNSPECIFIED
Thesis advisorNovaliyosi, NovaliyosiUNSPECIFIED
Additional Information: This research is based on the background of student worksheets used by student, namely student worksheets purchased through publishers that are still not encouraging the development of students' abilities, students' low mathematical communication skills and students' lack of Banten cultural knowledge. As the goal of mathematics learning based on Regulation of the national education minister number 22 of 2006, one of them communicates ideas with symbols, tables, diagrams, or other media to clarify the situation or problem. Therefore we need a teaching material that contains indicators of mathematical communication skills, and Banten culture. This development research uses a development method adapted from Sugiyono (2015), seven main stages were carried out in this study. Six expert tests namely two people testing mathematicians, two people testing education experts, and two test design experts have carried out tests on the developed LKS teaching materials. Based on the mathematician's test, the teaching material was considered good at 90%. For the education expert test, the percentage obtained was 91% with a very good category. While for the design expert test get a percentage of 93 % with very good categories. The teaching materials for the LKS were also tested on fourteen grade VII junior high school students. The results of student responses to worksheets with these rectangles were 91% with very good categories. Based on these results, the teaching materials of mathematical communication skills with the ethnomatematics-based metacognitive approach of Banten culture is appropriate to be used as a reference in learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 26 Nov 2021 11:55
Last Modified: 26 Nov 2021 11:55
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9156

Actions (login required)

View Item View Item