Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP

PRASTIKA, MIMIN (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Selain itu, masih kurangnya bahan ajar yang memuat indikator-indikator kemampuan berpikir kritis matematis sebagaimana yang ditegaskan pada KTSP hingga kurikulum 2013, yang memprioritaskan kemampuan berpikir kritis harus dicapai oleh siswa dalam pembelajaran matematika serta kurangnya pemantapan konsep pada bahan ajar yang ada. Oleh sebab itu diperlukannya suatu bahan ajar yang memuat indikator-indikator kemampuan berpikir kritis matematis. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode pengembangan yang diadaptasi dari Sugiyono (2015). 7 tahapan utama dilakukan dalam penelitian ini. Empat orang uji ahli dari dua orang uji ahli matematika, uji ahli pendidikan, dan uji ahli media telah melaksanakan pengujian terhadap bahan ajar LKS yang dikembangkan. Berdasarkan uji ahli pendidikan, bahan ajar LKS tersebut dinilai sangat valid dengan persentase 90%. Untuk uji ahli pendidikan, persentase yang didapat sebesar 85,8% dengan kriteria sangat valid. Sedangkan untuk uji ahli media mendapatkan persentase sebesar 85,3% dengan kriteria sangat valid. Bahan ajar LKS tersebut juga diujicobakan kepada 10-20 orang siswa SMP kelas VIII. Hasil respon siswa berdasarkan angket terbuka dan tertutup terhadap bahan ajar LKS dengan materi sistem persamaan linear dua variabel tersebut yaitu sebesar 87,71% dengan kriteria sangat valid dan menarik. Berdasarkan hasil tersebut, LKS dengan Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis sudah layak digunakan sebagai salah satu referensi dalam pembelajaran yang telah sesuai dengan Kurikulum 2013 serta mampu mengasah kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
UNSPECIFIEDNovaliyosi, NovaliyosiUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDIhsanudin, IhsanudinUNSPECIFIED
Additional Information: This research was motivated by students' low mathematical critical thinking abilities. In addition, there is still a lack of teaching materials that contain indicators of mathematical critical thinking skills as confirmed in the KTSP to the 2013 curriculum, which prioritize critical thinking skills must be achieved by students in mathematics learning and lack of stabilization of concepts in existing teaching materials. Therefore we need a teaching material that contains indicators of mathematical critical thinking. This development research uses a development method adapted from Sugiyono (2015). 7 main stages were carried out in this study. Four expert tests from two people tested mathematicians, education experts, and test media experts have carried out tests on developed LKS teaching materials. Based on the education expert test, the LKS teaching materials were considered very valid with a percentage of 90%. For the education expert test, the percentage obtained was 85.8% with very valid criteria. While for the media expert test get a percentage of 85.3% with very valid criteria. The teaching materials for the LKS were also tested on 10-20 VIII grade junior high school students. The results of student responses based on open and closed questionnaires on LKS teaching materials with the system material of the two variables linear equations are 87.71% with very valid and interesting criteria. Based on these results, LKS with Problem Based Learning on mathematical critical thinking skills is appropriate to be used as one of the references in learning that is in accordance with the 2013 Curriculum and able to hone students' mathematical critical thinking skills.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 26 Nov 2021 11:54
Last Modified: 26 Nov 2021 11:54
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9155

Actions (login required)

View Item View Item