Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) EKSPLORATIF BERBASIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DENGAN ALAT PERAGA MANIPULATIF UNTUK SISWA SMP (Research and Development)

SUHLIAH, SUHLIAH (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) EKSPLORATIF BERBASIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DENGAN ALAT PERAGA MANIPULATIF UNTUK SISWA SMP (Research and Development). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) EKSPLORATIF BERBASIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DENGAN ALAT PERAGA MANIPULATIF UNTUK SISWA SMP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS eksploratif berbasis kemampuan pemecahan masalah matematik dengan alat peraga manipulatif dengan materi koordinat kartesius. LKS yang dikembangkan sebanyak 3 buah, yang terdiri dari posisi titik terhadap sumbu x dan sumbu y, posisi titik terhadap titik asal dan titik tertentu, posisi titik terhadap sumbu x dan sumbu y, dengan 1 buah alat peraga manipulatif. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan model Research and Development (R&D) dari Sugiyono. LKS dan alat peraga divalidasi oleh para ahli yang terdiri dari ahli pendidikan matematika dan ahli media pembelajaran. Selanjutnya LKS dan alat peraga diujicobakan pada siswa dengan uji coba skala terbatas. Subjek uji coba adalah siswa kelas VIII C SMPN 5 Rangkasbitung tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 12 orang. Hasil validasi ahli pendidikan matematika terhadap LKS dan alat peraga berturut-turut diperoleh presentase akhir sebesar 96,2% dan 91,4% dengan klasifikasi sangat kuat; validasi ahli media pembelajaran terhadap LKS dan alat peraga berturut-turut diperoleh 86,9% dan 89,2% dengan klasifikasi sangat baik; uji coba produk skala terbatas diperoleh presentase akhir 78,8% dengan klasifikasi baik; dan secara keseluruhan siswa memberikan tanggapan yang baik setelah menggunakan LKS dan alat peraga, dengan demikian LKS eksploratif berbasis kemampuan pemecahan masalah matematik dengan alat peraga manipulatif dapat digunakan sebagai alternatif pilihan dalam kegiatan pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNindiasari, HepsiUNSPECIFIED
Thesis advisorSudiana, RiaUNSPECIFIED
Additional Information: This research tent to develop the exploring worksheet based on mathmatic problem solving ability using manipulative visual aids with Cartesius Coordinate material. There are three worksheet developed, they consist of the position of the poin toward x axis and y axis, with one manipulative visual aids. This research is the research and development of Research and Development Model (R&D) from Sugiyono. The worksheet and validation of visual aids by the experts which consist of mathmatic education expert and learning media. Furthermore, the worksheet and visual aids were tested to the students by limited scale test. The subject of the trial is the students of class VIII C at SMPN 5 Rangkasbitung period 2018/2019, it is consist of 12 students. The validation result of mathmatic expert upon worksheet and visual aids were in order got the last percentage were 96,2% and 91,4% in very strong classification; the validation of learning media expert toward the worksheet and visual aids are orderly got 86,9% and 89,2% with very good classification; the product test of limited scale got last percentage of 78,8% with good classification; thoroughly, the students gave good response after using the worksheet and visual aids, so the exploring worksheet based on mathmatic problem solving ability by manipulative visual aids can be used as alternative option at learning activity.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 26 Nov 2021 11:49
Last Modified: 26 Nov 2021 11:49
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9153

Actions (login required)

View Item View Item