FATHIROH, SITI (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS TEMATIK INTEGRATIF PADA TEMA 3 SUBTEMA 2 KEBERAGAMAN MAKHLUK HIDUP DI LINGKUNGANKU (Penelitian Research And Development (R&D) Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Wilulang Kota Cilegon Tahun Ajaran 2018/2019). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS TEMATIK INTEGRATIF PADA TEMA 3 SUBTEMA 2 KEBERAGAMAN MAKHLUK HIDUP DI LINGKUNGANKU.pdf Restricted to Registered users only Download (16MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis tematik integratif pada tema 3 subtema 2 keberagaman makhluk hidup di lingkunganku, untuk mengetahui kualitas lembar kerja peserta didik berbasis tematik integratif yang dikembangkan dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik berbasis tematik integratif. Metode penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada desain penelitian model 3D yang telah dimodifikasi Thiagarajan dalam Trianto terdiri dari 3 tahap pengembangan yaitu Define, Design,dan Develop. Subjek penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas IV di SD Negeri Wilulang. Hasil penelitian adalah (1) rata-rata tingkat kelayakan lembar kerja peserta didik mencapai 88,87% yang masuk dalam kategori “sangat layak”, (2) respon peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik memperoleh rata-rata presentase sebesar 84,50% yang termasuk dalam kategori “sangat baik”, sehingga dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis tematik integratif pada tema 3 subtema 2 keberagaman makhluk hidup di lingkunganku memperoleh nilai sangat layak untuk digunakan serta adanya respon positif atau sangat baik dari peserta didik.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | This research aims to develop an integrative thematic based student worksheet on the theme 3 subthemes 2 Diversity of Living Things In My Environment, to determine the quality of integrative thematic based student worksheets developed and to know the response of students to integrative thematic based student worksheets. The method used in this research refers to the 3D models thats has been modified by Thriagarajan in Trianto consisting of three stages of development, they are define, design, and develop. The subject of this research were 30 of 4th grade students in the Wilulang Elementary School. The results of the research are (1) The average level of eligibility of student worksheets reaches 88,87% which falls into the category of “very decent”, (2) The student's response for the worksheets get an average percentage of 84,50% which is included in the “very good” category so, as s conclusion that the integrative thematic based worksheets on theme 3 of sub-theme 2 diversity of living things in my environment obtain very decent values tot be used while there is a positive or very good response from students. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 26 Nov 2021 11:47 | |||||||||
Last Modified: | 26 Nov 2021 11:47 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9152 |
Actions (login required)
View Item |