Sepriyanti, Sepriyanti (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS INKUIRI PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR Penelitian Research and Development (R&D) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Gerem III. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS INKUIRI PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidaktersediaan bahan ajar yang beragam terutama Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis inkuiri pada mata pelajaran IPA materi Sifat- sifat Cahaya kelas IV di Sekolah Dasar dimana LKPD adalah sebuah bahan ajar yang dapat memicu dan membantu peserta didik dalam melakukan kegiatan belajar supaya peserta didik dapat menguasai suatu pemahaman, keterampilan, dan sikap. Atas dasar itulah peneliti melakukan sebuah penelitian dengan tujuan untuk mengembangkan, mengetahui kelayakan, dan mengetahui respon terhadap LKPD berbasis inkuiri pada mata pelajaran IPA materi Sifat-sifat Cahaya kelas IV di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Gerem III Kota Cilegon tahun ajaran 2018/2019 dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IV SD Negeri Gerem III. Tahap penelitian yang dilakukan yakni: (1) Analisis masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi/Uji ahli, (5) Revisi produk, dan (6) Uji coba terbatas. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket kebutuhan, lembar angket validasi dari para ahli, dan lembar angket respon peserta didik. Berdasarkan perhitungan uji kelayakan, LKPD ini masuk ke dalam kategori “sangat layak” dengan kalkulasi dari keseluruhan validator berjumlah 90% dan uji coba lapangan terhadap respon peserta didik mendapat nilai sebesar 85,48% yang juga termasuk ke dalam kategori “sangat baik”. Maka berdasarkan hasil perolehan tersebut dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis inkuiri pada mata pelajaran IPA materi Sifat-sifat Cahaya kelas IV di Sekolah Dasar ini layak digunakan karena telah mencapai indikator keberhasilan.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | This study was motivated by the unavailability of diverse teaching materials, especially Inquiry-based Student Worksheets (LKPD) on science subjects where LKPD is a teaching material that can trigger and help students to be understanding, skill, and attitude. On that basis, the researcher conducted a study with the aim of developing, knowing the feasibility, and knowing the responses to Inquiry-based Student Worksheets (LKPD) in science subjects on the properties of light material at 4th grade in elementary school. This research was conducted at Gerem III Elementary School, at Cilegon city, in 2018/2019 academic year with research subject are the 4th grade’s students of Gerem III Elementary School. The research phases is: (1) Analysis of the problem (2) Data collection, (3) Product Design, (4) Expert validation/testing, (5) Product revision, and (6) Limited trial. The instruments used were in the form of needs questionnaires, validation questionnaires from the experts, and questionnaire responses for students. Based on the due diligence calculation, this LKPD falls into the category of “very feasible” with the calculation of the overall validator amounting to 90% and the field trial on the responses of students gets a score of 85,48% which is also included in the “very good” category. So based on these results it can be concluded that the student worksheet based on inquiry in science subject at the properties of light material is feasible because it has reached the indicator of success. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 26 Nov 2021 11:44 | |||||||||
Last Modified: | 26 Nov 2021 11:44 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9150 |
Actions (login required)
View Item |