MF, M. Riyansyah and Ahmad, Ikhsan and Restu, Uliviana (2016) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU-SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 CIRUAS. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
|
Text (M. Riyansyah. MF - Prodi KOM 2016)
PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU-SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 CIRUAS-.pdf - Published Version Download (878kB) | Preview |
Abstract
M. Riyansyah. MF. NIM. 6662112417. Skripsi. Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru-Siswa terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Ciruas. Pembimbing I: Ikhsan Ahmad, S.Ip., M.Si dan Pembimbing II UlivianaRestu H, S.Sos., M.Ikom Menurunnya prestasi siswa diakibatkan karena kurangnya motivasi belajar siswa. Komunikasi interpersonal merupakan salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana komunikasi guru-siswa di SMA Negeri 1 Ciruas, bagaimana motivasi belajar siswa di SMAN 1 Ciruas dan seberapa besar pengeruh komunikasi interpersonal guru-siswa terhadap motivasi belajar siswa di SMAN 1 Ciruas. Sub variable X yaitu komunikasi interpersonal guru-siswa terdiri dari keterbukaan (Openness), empati (Emphaty), sikap dukungan (supportiveness), sikap positif (Positiveness), dan kesetaraan (Equality). Dan sub variabel Y motivasi belajar siswa yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Teori yang digunakan yakni teori Stimulus Organism Response (SOR). Teori ini menjelaskan Stimulus (rangsang) yang diberikan pada organism mendapat respon, baik diterima atau ditolak. Pendekatan penelitian ini adalah kuatitatif dengan studi korelatif, populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SMAN 1 Ciruas dengan sampel sebanyak 91 responden. Data dikumpulkan dengan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Komunikasi Interpersonal Guru-Siswa menghasilkan presentase sebesar 84%. Analisis korelasi menunjukan komunikasi interpersonal guru-siswa dengan motivasi belajar siswa hubungan yang kuat dan searah. Hipotesis penelitian terdapat hubungan antara Komunikasi Interpersonal Guru-Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Ciruas. Hasil uji koefisien determinasi menunjukan besarnya pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru-Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa sebesar 12,6% sedangkan sisanya 87,4% ditentukan faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Komunikasi Interpesoanal, Motivasi belajar siswa, Teori Stimulus Organism Response (SOR)
Item Type: | Thesis (Lainnya) |
---|---|
Additional Information: | M. Riyansyah. MF. NIM. 6662112417. Thesis. The Influence of Teacher-Student Interpersonal Communication to Motivation to Learn SMA Negeri 1 Ciruas. The decline in student achievement is due to lack of students' motivation. Interpersonal communication is one way to increase students' motivation. The purpose of this study to find out how the teacher-student communication in SMA Negeri 1 Ciruas, how students' motivation in SMAN 1 Ciruas and how big influence teacher-student interpersonal communication to student motivation in SMAN 1 Ciruas. Sub variable X namely teacher-student interpersonal communication consists of Openness, Empathy, Supportiveness, Positiveness and Equality. And sub Y student motivation is motivation intrinsic and extrinsic motivation. The theory used the theory of the Stimulus Organism Response (SOR). This theory explains the stimuli are given in the organism getting a response, either accepted or rejected. This research approach is quantified with correlative studies, the population in the study were all students of SMAN 1 Ciruas with a sample of 91 respondents. Data were collected by questionnaire. The results showed that variable Teacher-Students Interpersonal Communication produce a percentage of 84%. Correlation analysis showed the teacher-student interpersonal communication with student motivation is strong and direct relationship. The study hypothesis there is a relationship between Teacher-Students Interpersonal Communication to Student Motivation in SMA Negeri 1 Ciruas. The test results showed the influence of the coefficient of determination Teacher-Students Interpersonal Communication to Student Motivation of 12.6% while the remaining 87.4% is determined other factors not examined in this study. Key word: Interpersonal Communication, Motivation to Learn, Stimulus Organism Response (SOR)Theory |
Subjects: | Communication > Communication (General) |
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Admin Eprints Untirta |
Date Deposited: | 22 Jan 2018 07:22 |
Last Modified: | 22 Jan 2018 07:22 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/915 |
Actions (login required)
View Item |