Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SHOROF MELALUI METODE PETA KONSEP (MIND MAPPING) DI KELAS II B PON-PES MODERN ALHASYIMIYAH CIWANDAN KOTA CILEGON BANTEN

PUSPIANTO, DENY (2017) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SHOROF MELALUI METODE PETA KONSEP (MIND MAPPING) DI KELAS II B PON-PES MODERN ALHASYIMIYAH CIWANDAN KOTA CILEGON BANTEN. Master thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Tesis)
PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SHOROF MELALUI METODE PETA KONSEP (MIND MAPPING) DI KEL.PDF
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRACT Deny Puspianto, 7772150006. Thesis. Peningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Shorof Melalui Metode Peta Konsep (Mind Mapping) di kelas II B Pon-Pes Modern Al Hasyimiyah Ciwandan Kota Cilegon. Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Untirta 2017 This research aims to enhance creativity and learning outcomes through methods Concept Map (Mind Mapping) in class II B Pondok Pesantren Modern Al Hasyimiyah Ciwandan Kota Cilegon Banten totaling 20 students. The method used was classroom action research models Kemmis and Taggart with 4 stages (planning, implementation, observation and reflection). This classroom action research consisted of two cycles, the first cycle and the second cycle. The results showed an increase in creativity and learning outcomes of students ranging from pre-cycle to the second cycle. Creativity of students has increased from 62% the first cycle and the second cycle reaches 78.25%, whereas the learning outcomes at the time of pre-cycle average value (62.35) with a percentage of 25% completeness. At the time of the first cycle measures the average value (72) increased by 45% the percentage of completeness. In the second cycle experienced a significant increase in the average value (81.25) with a percentage of 85% completeness. In the second cycle has reached mastery therefore discontinued the action in the second cycle and the need for improvement in the next cycle. Therefore, it can be concluded that the use of methods of concept maps (mind mapping) can enhance creativity and learning outcomes in subjects Shorof. Keywords: Creativity, Shorof, Mind Mapping

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHidayat, SholehUNSPECIFIED
Thesis advisorHeriawan, AdangUNSPECIFIED
Additional Information: ABSTRAK Deny Puspianto, 7772150006. Tesis. Peningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Shorof Melalui Metode Peta Konsep (Mind Mapping) di kelas II B Pon-Pes Modern Al Hasyimiyah Ciwandan Kota Cilegon. Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Untirta 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar Shorof melalui metode Peta Konsep (Mind Mapping) di kelas II B Pondok Pesantren Modern Al Hasyimiyah Ciwandan Kota Cilegon Banten yang berjumlah 20 santri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart dengan 4 tahapan (perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi). Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan terhadap kreativitas dan hasil belajar santri mulai dari pra siklus sampai dengan siklus II. Kreativitas santri meningkat dari siklus I 62% dan pada siklus II mencapai 78,25%, sedangkan hasil belajar pada saat pra siklus nilai rata-rata (62,35) dengan persentase ketuntasan 25%. Pada saat dilakukan tindakan siklus I nilai rata-rata (72) mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan 45%. Pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan dengan nilai rata-rata (81,25) dengan persentase ketuntasan 85%. Pada siklus II sudah mencapai ketuntasan oleh karena itu tindakan dihentikan pada siklus II dan tidak perlu adanya perbaikan pada siklus berikutnya. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode peta konsep (mind mapping) dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar pada mata pelajaran Shorof. Kata kunci: Kreativitas, Shorof, Peta Konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 25 Nov 2021 14:59
Last Modified: 25 Nov 2021 14:59
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9099

Actions (login required)

View Item View Item