Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PROGRAM BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN SOSIAL (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas VII SMPN 3 Kota Serang Tahun Ajaran 2018/2019)

Fathiyah, Ila (2018) PROGRAM BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN SOSIAL (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas VII SMPN 3 Kota Serang Tahun Ajaran 2018/2019). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PROGRAM BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN SOSIAL.pdf

Download (2MB)

Abstract

The aim of the research was to find out the social adaptation of the seventh grade students of Serang 3 State Junior High School 3, the result of research would be the one of basic making of group guidance programs using game techniques. Writer used the basic theory of Hurlock to determine the level of social adaptation based on four aspects, those are, real appearance, adaptation to groups, social attitudes, and self-acceptance. The study was quantitative applied descriptive methods. Determination of the research sample using simple random sampling technique with the specific characteristics. Researcher took 211 students from 10 classes. The level of social adaptation for class VII of Serang 3 State Junior High School was in the good category. This group guidance program was made based on the four lowest indicators on social adaptation aspects, those indicators were capable of interacting in groups (1.40%) on aspects of real appearance, indicator showing pleasant attitude towards others (1.40%) and indicator having social responsibility attitudes (1.90%) on aspects of social attitudes, and indicator accept differences in each person (5%) in the aspect of adaptation to the group.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRochani, RochaniUNSPECIFIED
Thesis advisorAl Hakim, IbrahimUNSPECIFIED
Additional Information: Tujuan penelitian dilakukan untuk mengetahui penyesuaian sosial siswa kelas VII SMPN 3 Kota Serang, hasil penelitian akan menjadi salah satu dasar pembuatan program bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik permainan. Peneliti menggunakan dasar teori Hurlock untuk mengetahui tingkat penyesuaian sosialnya berdasarkan empat aspek, yaitu penampilan nyata, penyesuaian terhadap kelompok, sikap sosial, dan penerimaan diri. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling dengan adanya karakteristik yang ditentukan. Peneliti mengambil 211 siswa yang tersebar dari 10 kelas. Tingkat penyesuaian sosial kelas VII SMPN 3 Kota Serang berada pada kategori baik. Program bimbingan kelompok ini dibuat berdasarkan empat indikator terendah pada aspek penyesuaian sosial yaitu indikator mampu berinteraksi dalam kelompok (1.40%) pada aspek penampilan nyata, indikator menunjukkan sikap menyenangkan terhadap orang lain (1.40%) dan indikator memiliki sikap tanggung jawab sosial (1.90%) pada aspek sikap sosial, dan indikator menerima perbedaan setiap orang (5%) pada aspek penyesuaian terhadap kelompok.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86201-Jurusan Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 25 Nov 2021 14:15
Last Modified: 25 Nov 2021 14:15
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9088

Actions (login required)

View Item View Item