Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP PENGGUNAAN AIR KELAPA MUDA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT

Jati Pertiwi, Woro (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP PENGGUNAAN AIR KELAPA MUDA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP PENGGUNAAN AIR KELAPA MUDA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Pembelajaran kimia sebagian besar menekankan untuk mempelajari konsep dan rumus. Aplikasi kehidupan sehari-hari kurang diterapkan sehingga pembelajaran menjadi kurang bermakna. Pembelajaran berbasis etnosains dapat diterapkan dengan bantuan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Hal ini karena peserta didik dapat menghubungkan antara pengetahuan yang sudah ada, seperti budaya atau pengetahuan asli masyarakat dengan pengetahuan sains ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis etnosains terhadap salah satu pengetahuan asli masyarakat, yaitu penggunaan air kelapa muda yang berhubungan dengan materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan metode Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrumen uji validitas untuk analisis kebutuhan dengan hasil 88,89% - 100%, uji validitas menggunakan CVR dengan 11 validator yang terdiri dari dosen dan guru kimia, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan layak dan valid digunakan dengan nilai CVR 0,82 - 1 yang menunjukkan bahwa nilai CVR >0,59 dan mendapatkan tanggapan positif dengan nilai rata-rata angket respon peserta didik sebesar 79,5% dengan kategori baik. Peserta didik juga memiliki sikap bangga, tanggung jawab dan kesadaran untuk melestarikan budaya air kelapa muda.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSolfarina, SolfarinaUNSPECIFIED
Thesis advisorLangitasari, IndahUNSPECIFIED
Additional Information: Chemical learning lays a major emphasis on learning concepts and formulas. While in daily life, the application is less applied so that learning becomes less meaningful. Ethnoscience learning can be applied with the help of teaching materials in the form of Student Worksheets. This is because learners can connect between existing knowledge, such as culture or native community knowledge with scientific knowledge. The study aims to develop the learner's worksheet etnoscience-based on one of the original knowledge of the communities, the use of fresh coconut water associated with the material's electrolyte and nonelectrolyte. This research is a research development with the method of Analysis, Design, Development Implementation, Evaluation (ADDIE). Data collection techniques conducted with validity test instruments for analysis requirement with yield 88.89% - 100% , Validity test using CVR with 1l Validator consisting of lecturer and chemistry teacher, and the student response questionnaire. Research shows that the developed LKPD was qualified and valid to be used with a CVR 0.82 - 1 that shows a CVR >0.59 and get positive feedback with the average value of a student response poll of 79.5% with good category. Students also have a proud attitude, responsibility and awareness to preserve the culture of fresh coconut water.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204-Jurusan Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 25 Nov 2021 13:07
Last Modified: 25 Nov 2021 13:07
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9079

Actions (login required)

View Item View Item