Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MATEMATIKA BERORIENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK BAGI SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian R &D di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Serang 02 Tahun Ajaran 2018/2019)

Laksmi Juniarti, Try (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MATEMATIKA BERORIENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK BAGI SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian R &D di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Serang 02 Tahun Ajaran 2018/2019). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MATEMATIKA BERORIENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK BAGI SISWA SEKOLAH DASAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar penunjang yaitu lembar kerja siswa (LKS) pada mata pelajaran matematika kelas di IV khususnya materi keliling dan luas bangun datar persegi, persegi panjang dan segitiga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (RnD) dengan menggunakan model model 4D (Four D Model) (define, design, develop, dan disseminet). Subjek penelitian ini adalah 1 guru dan 25 siswa kelas IV SDN Serang 02. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah dengan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata validasi ahli dengan skor rata-rata 86,5% dan termasuk kategori sangat layak, nilai rata-rata respon guru terhadap LKS 86,2% dengan kategori sangat baik dan nilai rata-rata respon siswa adalah 86,1% dengan kategori sangat baik serta rata-rata nilai tes pemahaman sebesar 81,4 dengan kategori pemahaman sangat baik. Berdasarkan demikian dapat disimpulkan bahwa lembar kerja matematika berbasis pendekatan saintifik dapat digunakan dalam pembelajaran karena dianggap layak dijadikan bahan ajar penunjang pada pembelajaran matematika serta mampu memfasilitasi pemahaman siswa pada materi “keliling dan luas bangun datar persegi, persegi panjang dan segitiga”.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSubhan Pamungkas, AanUNSPECIFIED
Thesis advisorPamungkas Alamsyah, TrianUNSPECIFIED
Additional Information: his study aims to develop supporting teaching materials, namely student worksheets in class IV mathematics subjects, especially about the perimeter and area of square, rectangular and triangle. The type of this research is using Research and Development (RnD) that using the 4D model (Four D Model) (define, design, develop, and disseminet). The subjects of this study were 1 teacher and 25 fourth grade students at SDN Serang 02. Data in this study were collected by tests, questionnaires, and documentation. Data analysis carried out is qualitative and quantitative. The results of the study obtained an average value of expert validation with an average score of 86.5% and included a very feasible category, the average value of teacher responses to worksheets was 86.2% with a very good category and the average response value of students was 86, 1% with a very good category and an average comprehension test score of 81.4 with a very good understanding category. Based on these data it can be concluded that the mathematical worksheet oriented scientific approach can be used in learning because it is considered feasible to be used as supporting teaching material in mathematics learning and is able to facilitate students' understanding of the material " perimeter and area of square, rectangular and triangle ".
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 25 Nov 2021 13:05
Last Modified: 25 Nov 2021 13:05
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9078

Actions (login required)

View Item View Item