Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS MATEMATIKA BERORIENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK BAGI SISWA SEKOLAH DASAR Penelitian Pengembangan pada Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Panancangan 2 Tahun Ajaran 2018/2019

Indriani, Novia (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS MATEMATIKA BERORIENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK BAGI SISWA SEKOLAH DASAR Penelitian Pengembangan pada Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Panancangan 2 Tahun Ajaran 2018/2019. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS MATEMATIKA BERORIENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK BAGI SISWA SEKOLAH DASAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar aktivitas siswa matematika pada materi volume kubus dan balok, untuk mengetahui kualitas lembar aktivitas matematika yang dikembangkan dan untuk mengetahui respon pengguna terhadap lembar aktivitas matematika, serta mengetahui pemahaman siswa setelah menggunakan lembar aktivitas matematika. Metode penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada desain penelitian model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas V di SDN Panancangan 2. Hasil penelitian adalah (1) rata-rata tingkat kelayakan lembar aktivitas matematika mencapai 84,6% yang masuk dalam kategori “sangat layak”, (2) respon siswa terhadap lembar aktivitas matematika memperoleh rata-rata presentase sebesar 97% yang termasuk dalam kategori “sangat baik”, (3) respon guru terhadap lembar aktivitas matematika memperoleh rata-rata presentase sebesar 83% yang termasuk dalam kategori “sangat baik” dan (4) tes pemahaman siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 86,03 yang menunjukkan pemahaman siswa dalam kategori “sangat baik” sehingga dapat disimpulkan bahwa lembar aktivitas matematika berhasil dikembangkan menjadi bahan ajar yang lebih baik karena telah disusun sesuai dengan perancangan dan mampu memberikan kebermanfaatan bagi pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSubhan Pamungkas, AanUNSPECIFIED
Thesis advisorPamungkas Alamsyah, TrianUNSPECIFIED
Additional Information: This research aims to develop mathematics student activity sheets on cube and rectangle box volume material, to determine the quality of mathematics activity sheets developed and to find out the user's response to mathematics activity sheets, and to understand students' understanding after using a sheet of mathematics activity. The development research method used in this study refers to the research design of the 4D model developed by Thiagarajan which consists of 4 stages of development namely Define, Design, Develop, and Disseminate. The subjects of this study were 30 fifth grade students at Panancangan Elementary School 2. The results of the study were (1) the average level of feasibility of the mathematics activity sheet reached 84.6% which was included in the category of "very feasible", obtain an average percentage of 97% which is included in the category of "very good", (3) the teacher's response to the sheet of mathematics activity gets an average percentage of 83% which falls into the category of "very good" and (4) understanding test students obtain an average value of 86.03 which shows students' understanding in the "very good" category so that it can be concluded that the mathematics activity sheet was successfully developed into a better teaching material because it has been prepared according to the design and is able to provide learning benefits.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 25 Nov 2021 12:35
Last Modified: 25 Nov 2021 12:35
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9076

Actions (login required)

View Item View Item