Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN KARTU DOMINO PECAHAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR (Penelitian Research and Development)

Wulandari Tresna, Popy (2019) PENGEMBANGAN KARTU DOMINO PECAHAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR (Penelitian Research and Development). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN KARTU DOMINO PECAHAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan media dapat digunakan sebagai sumber belajar alternatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa kartu domino pecahan sederhana sebagai sumber belajar dan mengetahui tingkat validitas dan respon siswa terhadap kartu domino pecahan. Penelitian dilakukan di SDN Cigadung 2 dengan subjek penelitian siswa kelas III sejumlah 20 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D). Tahap penelitian yang dilakukan yakni (1) Tahap Pendefinisian (2) Tahap Perancangan (3) Tahap Pengembangan; (4) Validasi oleh dosen ahli dan uji pelaksanaan kepada siswa. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket untuk validasi media oleh dosen ahli, validasi materi oleh dosen ahli dan lembar angket untuk respon siswa. Langkah yang dilakukan dalam pengembangan hanya sampai pada tahap pengembangan media dengan uji validasi dan respon siswa. Berdasarkan hasil perhitungan kualitas kartu domino pecahan sederhana yang dikembangkan termasuk kategori sangat layak dengan rata-rata 4,3 ahli materi dan rata-rata 4 dari ahli media adalah layak. Respon siswa terhadap media kartu domino pecahan sederhana pada uji pelaksanaan lapangan rata-rata 4,3 dengan kategori sangat baik (SB). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kartu domino pecahan sederhana dapat digunakan sebagai sumber belajar dengan kategori sangat layak

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNulhakim, LukmanUNSPECIFIED
Thesis advisorPamungkas Alamsyah, TrianUNSPECIFIED
Additional Information: Development media can be used as a source of learning support alternative students. This study aims to learning to develop media in simple cards dominoes fractional as a source of learning and know the level validity and response to fractional students cards dominoes. Research is done at SDN Cigadung 2 with a subject of study students III some 20 students. Research methodology used is research development (R&D). The research is (1) Define (2) Design (3) Develop; (4) Was the validation by the and the to students. Instrument used in form of pieces of the survey for validation by the media was, validation was the matter by survey to students and sheets of response. A move made in the development stage of development only up to the media his students the validation and response. Based on results of the quality of dominos shards of simple developed categorized as deserves a lot with 4,3 expert matter and 4 from media experts. Was worth student response to the media dominos shards of simple but in the implementation of the field test 4,3 with category of very good (VG). The results of research can be concluded that floating dominoes simple can be used as a source of learning by category of very decent.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 25 Nov 2021 12:27
Last Modified: 25 Nov 2021 12:27
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9073

Actions (login required)

View Item View Item