Putranto, Adi (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN THREE-TIER TEST PADA KONSEP ATOM, ION DAN MOLEKUL. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGEMBANGAN INSTRUMEN THREE-TIER TEST PADA KONSEP ATOM, ION DAN MOLEKUL.pdf Restricted to Registered users only Download (20MB) |
Abstract
Atom, ion, dan molekul merupakan salah satu konsep dasar kimia yang bersifat abstrak dan saling berkaitan dengan konsep lainnya. Konsep atom, ion, dan molekul yang menitikberatkan pada definisi konsep, perbedaan konsep-konsep, serta termasuk kedalam aspek mikroskopis. Hal tersebut menimbulkan adanya miskonsepsi pada peserta didik. Miskonsepsi ditemukan pada materi mengenai perbedaan atom, ion, dan molekul, perbedaan isotop, isoton, dan isobar, karakteristik atom, partikel penyusun atom, dan jenis ikatan pada molekul. Peserta didik yang mengalami miskonsepsi pada konsep-konsep tersebut, maka akan mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep selanjutnya seperti persamaan reaksi, larutan elektrolit dan non elektrolit, tata nama senyawa sederhana, stoikiometri, termokimia, serta ikatan kimia. Miskonsepsi perlu diatasi agar pengajar menghindari adanya kesalahan-kesalahan yang memungkinkan terjadi pada proses pembelajaran serta menekankan pada konsep-konsep yang dianggap sulit. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengembangan instrumen untuk mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik agar kesalahan konsep tersebut dapat diatasi. Instrumen three tier digunakan karena dinyatakan valid dan reliabel dalam mengidentifikasi miskonsepsi, serta mampu memperoleh informasi lebih banyak mengenai tingkat konsepsi peserta didik. Hal tersebut terbukti dengan hasil uji CVR melebihi 0,49 dan memiliki nilai cronbach’s alpha sebesar 0,842 sehingga dinyatakan valid dan reliabel. Instrumen mampu mengidentifikasi tingkat konsepsi peserta didik yaitu 43,72% memahami konsep, 13,32% kurang memahami konsep, 8,92% miskonsepsi negatif, 12,70% miskonsepsi positif, dan 17,93% miskonsepsi.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Atoms, ions, and molecules is one of the basic concepts of chemistry that is abstract and interrelated with other concepts. The concept of atoms, ions, and molecules that focuses on the definition of the concept, different concepts, and included into the microscopic aspects. It gave rise to misconceptions on the learner. Misconceptions about the differences found in the material atoms, ions, and molecules, different isotopes, isoton, and isobars, the characteristics of atomic, subatomic, and the type of bonding in the molecule. Participants students who have misconceptions on these concepts, it will have difficulty in understanding concepts such as equality subsequent reaction, electrolyte and non-electrolyte solution, a simple compound nomenclature, stoichiometry, thermochemical, and chemical bonding. Misconceptions need to be addressed so that teachers avoid mistakes that allow occurs in the learning process and emphasizes the concepts that are considered difficult. Therefore, it is necessary to develop instruments to identify misconceptions students to the concept of error can be overcome. Three-tier instrument used for declared valid and reliable in identifying misconceptions, and be able to obtain more information about the conception rate of learners. This is proved by the test results exceed the CVR has a value of 0.49 and Cronbach's alpha of 0.842 that is valid and reliable. The instrument is able to identify the conception rate is 43.72% of learners understand the concepts, 13.32% less understand the concept, negative misconceptions 8.92%, 12.70% positive misconceptions, and 17.93% misconceptions. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204-Jurusan Pendidikan Kimia |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 25 Nov 2021 12:25 | |||||||||
Last Modified: | 25 Nov 2021 12:25 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9072 |
Actions (login required)
View Item |