Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN E-MODUL SELVO UNTUK MENSTIMULUS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA TOPIK SEL VOLTA

AISYAH, SITI (2019) PENGEMBANGAN E-MODUL SELVO UNTUK MENSTIMULUS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA TOPIK SEL VOLTA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN E-MODUL SELVO UNTUK MENSTIMULUS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA TOPIK SEL VOLTA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32MB)

Abstract

Keterampilan berpikir kritis diperlukan dalam pembelajaran kimia, karena beberapa topik kimia bersifat kontekstual. Keterampilan berpikir kritis siswa di Indonesia masih terbilang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menstimulus keterampilan berpikir kritis siswa pada topik sel volta dengan mengembangkan aplikasi E-modul Selvo. Penelitian dan pengembangan dilaksanakan dengan mengadaptasi dan memodifikasi model pengembangan melalui tahap studi pendahuluan dan pengembangan dengan uji coba terbatas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA Tahun Ajaran 2018/2019 yang diambil berdasarkan sekolah dengan kategori sedang dan rendah. Instrumen yang digunakan berupa soal tes uraian yang valid dan reliabel serta lembar angket. Soal uraian digunakan untuk mengukur hasil stimulus siswa dan lembar angket digunakan untuk mengetahui respon dan tanggapan siswa. Berdasarkan temuan yang diperoleh dapat diketahui bahwa aplikasi E-modul Selvo ini dapat menstimulus siswa untuk berpikir kritis. Hal tersebut dilihat dari rata-rata nilai pretest siswa sebesar 20,14 dan rata-rata nilai posttest siswa sebesar 85,07. Aplikasi E-modul Selvo ini juga termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 85,24%.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSari Siti Aisyah, RatnaUNSPECIFIED
Thesis advisorEva Wijayanti, ImasUNSPECIFIED
Additional Information: Critical thinking skills are needed in chemistry learning because some chemistry topics are contextual. Student’s critical thinking skills in Indonesia are still low relatively. This study aims to stimulate students' critical thinking skills on the topic of voltaic cells by developing Selvo E- module applications. Research and development are implemented by adapting and modifying the model through the preliminary studied and developed phase with limited trials. The sample in this research was the student’s of XII MIPA class in 2018/2019 academic year, which were taken based on schools with medium and low categories. The instruments used were valid and reliable description test and questionnaire sheets. Description test is used to measuring student stimulus results, and questionnaire sheets are used to know student responses. Based on research that has been done, the Selvo E-module application can stimulate student’s to think critically. It is seen from the average score of student’s pretest at 20.14 and 85.07 average posttest score. The Selvo E-module application is also included in the excellent category with percentage of 85.24%.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204-Jurusan Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 25 Nov 2021 12:23
Last Modified: 25 Nov 2021 12:23
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9071

Actions (login required)

View Item View Item