Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MULTIMEDIA BERBANTUAN APLIKASI SPARKOL VIDEOSCRIBE DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD Research and Development (R&D) pada materi Keliling dan Luas Daerah Bangun Datar Kelas IV SD

ROSA SETIAWATI, LISTIANA (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MULTIMEDIA BERBANTUAN APLIKASI SPARKOL VIDEOSCRIBE DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD Research and Development (R&D) pada materi Keliling dan Luas Daerah Bangun Datar Kelas IV SD. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MULTIMEDIA BERBANTUAN APLIKASI SPARKOL VIDEOSCRIBE DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Bahan ajar dan pengajaran yang digunakan oleh guru masih tergolong sangat rendah, yakni menggunakan bahan ajar berbentuk cetak dengan metode ceramah. Bahan ajar multimedia menjadi alternative bahan ajar untuk digunakan dikelas agar kegiatan pembelajaran lebih menarik. Software yang digunakan oleh penulis dalam pembuatan bahan ajar multimedia adalah sparkol videoscribe karena software ini membuat video animasi menarik dengan cepat dan mudah yang akan membantu siswa dengan mudah memahami apa yang hendak disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar multimedia berbantuan aplikasi sparkol videoscribe yang di kembangkan dan untuk mengetahui respon siswa kelas 4 SD terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan bahan ajar multimedia berbantuan aplikasi sparkol videoscribe. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model 3D (Define, Design dan Develop) oleh Thiagarajan. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket untuk validasi bahan ajar oleh dosen ahli serta guru dan lembar angket respon siswa. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan kualitas bahan ajar multimedia berbantuan aplikasi sparkol videoscribe yang dikembangkan termasuk dalam kategori layak dengan persentase 89,28% dari 2 ahli materi, 84% dari 2 ahli media dan 84,61% dari 2 ahli bahasa. Respon siswa terhadap bahan ajar multimedia berbantuan aplikasi sparkol videoscribe pada uji coba dengan responden 22 siswa sebesar 92,41% termasuk dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAsih Vivi Yandari, IndhiraUNSPECIFIED
Thesis advisorSubhan Pamungkas, AanUNSPECIFIED
Additional Information: Teaching and teaching materials that used by teachers are still very low, which is using printed material with lecture methode. Multimedia teaching material is an alternative teaching material to be used in class, so the learning activities are more interesting. One of the software used in making multimedia teaching materials is sparkolvideoscribe, becausethis software for making animated videos quickly and easily that will help students easily understand what the teacher wants to convey. This study aims to determine the feasibility of multimedia teaching materials aided by the sparkolvideocribe application developed and to find out the responses of 4th grade students to mathematics learning with using multimedia teaching materials for sparkolvideocribe. The research method used research and development with the 3D model (Define, Design and Develop) by Thiagarajan. The instruments were used questionnaires to validate teaching materials by expert lecturers and teachers and student response questionnaires. Based on data analysis it can be concluded that the quality of assisted multimedia teaching materials developed by Videocribe Sparkol application is included in the feasible category with a percentage 89,28% of 2 material experts, 84% of media experts and 84,61% of languages. Student responses to multimedia teaching materials assisted by videoscribesparkol application in trials with 22 respondents amounted to 92,41% included in the very good categories.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 25 Nov 2021 12:13
Last Modified: 25 Nov 2021 12:13
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9065

Actions (login required)

View Item View Item