Nur Fauziah Subahri, Mega (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS VIDEO TIMELAPSE PADA MATA PELAJARAN IPA (Penelitian Research And Development (R&D) Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di SDN Ciruas 1). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS VIDEO TIMELAPSE PADA MATA PELAJARAN IPA.PDF Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
Pelaksaan pembelajaran IPA merupakan salah satu pembelajaran yang harus ditunjang dengan bahan ajar yang sesuai. Hasil studi pendahuluan dikelas V SDN Ciruas 1, diketahui penyediaan bahan ajar masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan bahan ajar berbasis video timelapse pada mata pelajaran IPA, untuk mengetahui tingkat validitas bahan ajar berbasis video timelapse yang dikembangkan dan untuk mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar berbasis video timelapse. Penelitian ini dilakukan di SDN Ciruas 1 dengan subjek penelitian siswa kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan mengacu kepada model penelitian Trianto. Model ini terdiri dari tiga tahap yakni tahap pendefinisian, tahap perancangan dan tahap pengembangan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket validasi ahli oleh dosen dan guru dan angket respon siswa. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan kualitas bahan ajar berbasis video timelapse yang dikembangkan termasuk dalam kategori layak dengan presentase 77,4% dari hasil uji validasi ahli desain, hasil uji validasi ahli materi memperoleh persentase nilai rata-rata sebesar 91,66% dengan kategori sangat layak dan hasil uji validasi ahli pendidikan memperoleh persentase nilai rata-rata sebesar 78,33% dengan kategori layak. Respon siswa terhadap bahan ajar berbasis video timelapse dengan uji coba responden sebanyak 36 siswa menghasilkan presentase 83,25% dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | mplementation of science learning is one of the lessons that must be supported by appropriate teaching materials. The results of the preliminary study in class V of Ciruas 1 Elementary School, it is known that the provision of teaching materials is still limited. This study aims to describe the development of timelapse video-based teaching materials in science subjects, to determine the validity level of timelapse video-based teaching materials developed. This research was conducted at Ciruas 1 Elementary School with a research subject in fifth grade elementary school students. The type of research used refers to Trianto's research model. This model consists of three stages, namely the definition, design and development stages. The instruments used validation questionnaires by lecturers and teachers and student response questionnaires. Based on the data analysis, timelapse video in the feasible category with a percentage of 77.4% from the results of the design validation, the results of the material validation an percentage value of 91.66% with a very decent. The results of the validation of education an percentage value of 78.33% with a decent category. Student responses to timelapse video with 36 respondents as respondents test resulted in a percentage of 83.25% with a very good category. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 25 Nov 2021 12:08 | |||||||||
Last Modified: | 25 Nov 2021 12:08 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9062 |
Actions (login required)
View Item |