Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGELOLAAN PROGRAM PENDIDIKAN LIFE SKILL MERAJUT DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN PESERTA PELATIHAN DI RUMAH TAHANAN KELAS II B KOTA SERANG

Mubarok, Aufa (2019) PENGELOLAAN PROGRAM PENDIDIKAN LIFE SKILL MERAJUT DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN PESERTA PELATIHAN DI RUMAH TAHANAN KELAS II B KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGELOLAAN PROGRAM PENDIDIKAN LIFE SKILL MERAJUT DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN PESERTA PELATIHAN DI RUMAH TAHANAN KELAS II B KOTA SERANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Aufa Mubarok, 2221150061. “Pengelolaan Program Pendidikan Life Skill Merajut dalam Menumbuhkan Kemandirian Peserta Pelatihan di Rumah Tahanan Kelas II B Kota Serang” Pembimbing I Dr. H. Sholih. M.Pd. Pembimbing II Ika Rizqi Meilya. M.Pd. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui: perencanaan program life skill merajut, pelaksanaan program life skill merajut dan evaluasi program life skill merajut dalam menumbuhkan kemandirian peserta pelatihan di Rumah Tahanan Kelas II B Kota Serang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Langkah-langkah penelitian melalui tahap orientasi, eksplorasi dan member check. Teknik pengolahan dan analisis data dalam penelitian ini diantaranya reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa 1) perencanaan program life skill dalam menumbuhkan kemandirian peserta pelatihan sudah direncanakan cukup baik, penyelenggara melakukan tahapan identifikasi kebutuhan, tujuan, menentukan sumber-sumber serta pengorganisasian dalam perencanaan tersebut. 2) pelaksanaan program life skill pun meliputi pada 10 patokan pendidikan masyarakat. 3) evaluasi dalam life skill merajut yang meliputi evaluasi program, evaluasi hasil pembelajaran, tindak lanjut dan aspek pengetahuan sikap serta keterampilan dinilai sudah cukup baik dan hasilnya sesuai dengan apa yang dituju.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Additional Information: Aufa Mubarok, 2221150061. “Life Skill Education Programs Management of Knitting in Fostering Self-Reliance Trainees in Home Detention Class II B Serang City” Advisor I Dr. H. Sholih. M.Pd. Advisor II Ika Rizqi Meilya. M.Pd. The purpose of holding of the research is to find out: Knitting life skill program planning, program implementation and evaluation of knitting life skill program in fostering self-reliance trainees in home Detention class II B Serang City. This research used the qualitative approach with a descriptive method. The technique of data collection by way of observation, interview and documentation study. Through the research steps phase orientation, exploration and the member check. Processing techniques and data analysis in this research include reduction of the data, the presentation of the data and the withdrawal of the conclusion. Based on the results of the study it was concluded that 1) life skill program planning in fostering self-reliance trainee already planned well enough, the organizers do the stages of identification of needs, goals, determine sources and organizing in the planning. 2) implementation of any life skill program includes 10 benchmark education society. 3) evaluation in the life skill of knitting that includes an evaluation of the program, evaluation of learning outcomes, follow-up and aspects of knowledge attitude and skills assessed were already pretty well and the result is in accordance with what was intended.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 25 Nov 2021 11:50
Last Modified: 25 Nov 2021 11:50
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9057

Actions (login required)

View Item View Item