Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUHPENGGUNAAN METODE FIELD TRIP DAN METODE QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 BOJONEGERA

ANGGRIYANI, FENESHA (2019) PENGARUHPENGGUNAAN METODE FIELD TRIP DAN METODE QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 BOJONEGERA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUHPENGGUNAAN METODE FIELD TRIP DAN METODE QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 BOJONEGERA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh penggunaan metode pembelajaran field trip dan metode quantum learning terhadap kemampuan menulis puisi siswa SMP. Keterampilan berbahasa memiliki empat komponen, yaitu keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca dan keterampilan menulis. Menulis merupakan suatu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh peserta didik dalam pembelajaran berbahasa. Keterampilan menulis merupakan keterampilan membaca, menyimak dan berbicara. Seorang yang mampu menulis dengan baik berarti dia adalah pembaca dan penyimak yang baik pula, karena kegiatan menulis membutuhkan kekayaan gagasan sebagai sumber tulisannya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penggunaan metode pembelajaran Field Trip yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bojonegara. (2) Mendeskripsikan penggunaan metode Quantum Learning yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bojonegara. (3) Mendeskripsikan perbedaan penggunaan metode pembelajaran Field Trip dan penerapan metode Quantum Learning dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bojonegara. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes, Angket, Wawancara, Dokumentasi, dan Pengujian data ini menggunakan bantuan SPSS versi 23. Berdasarkan hasil analisis data, pengujian, dan hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran field trip terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bojonegara. (2) Terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran Quantum Learning terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bojonegara, DAN (3) Terdapat perbedaan antara penerapan metode pembelajaran field trip dan quantum learning terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bojonegara, karena dari hasil nilai rata-rata baik pretest maupun posttest dapat dilihat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorErwin Juansah, DaseUNSPECIFIED
Thesis advisorIbnu Wahid, FaridUNSPECIFIED
Additional Information: The study examines the influence of field trip learning methods and the quantum learning methods of poetry writing skills in junior high school students. Language skills have four components: listening skills, speaking skills, reading skills and writing skills. Writing is a language skill that must be mastered by learners in language learning. Writing skills are a reading, listening and speaking skill. One who is able to write well means he is a reader and good storage, because writing activities require a wealth of ideas as a source of his writing. The purpose of this research is (1) describing the use of Field Trip learning methods used to improve the poetry writing ability of class VII SMP Negeri 1 Bojonegara. (2) describing the use of Quantum Learning method used to improve the poetry writing ability of class VII SMP Negeri 1 Bojonegara. (3) Describing the difference in use of Field Trip learning methods and applying Quantum Learning method in learning to write poetry of class VII SMP Negeri 1 Bojonegara. This research uses quantitative experimentation methods. The data collection techniques used are administering tests, polls, interviews, documentation, and testing this data using SPSS Help version 23. Based on the results of data analysis, testing, and hypothesis, it can be concluded that (1) there are influences on the implementation of the field trip learning method of poetry writing skills of class VII SMP Negeri 1 Bojonegara. (2) There is a influence on the application of Quantum Learning methods of poetry writing skills of class VII Junior high School 1 Bojonegara, DAN (3) There is a difference between the implementation of field trip and Quantum learning learning methods Poetry writing skills students of Grade VII SMP Negeri 1 Bojonegara, because of the results of average values both pretests and posttest can be seen the difference between class experiments and control classes.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 25 Nov 2021 11:46
Last Modified: 25 Nov 2021 11:46
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9055

Actions (login required)

View Item View Item