Nugraha, Agung (2018) PENGARUH TEMAN SEBAYA SEBAGAI INTERAKSI SOSIAL TERHADAP AKTIVITAS MODERNISASI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN ( Studi Korelasi Pada Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa ). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGARUH TEMAN SEBAYA SEBAGAI INTERAKSI SOSIAL TERHADAP AKTIVITAS MODERNISASI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN.PDF Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara teman sebaya sebagai interaksi sosial terhadap aktivitas modernisasi pada mahasiswa pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kota Serang Banten pada bulan November sampai dengan Desember 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 1,3 dan 5 yang berjumlah 131 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 mahasiswa. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu korelasi product moment, dimana teknik ini digunakan untuk mencari hubungan dan membuktikan hipotesis hubungan antara dua variabel atau lebih. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara penyebaran angket. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan product moment (rxy) diperoleh hasil r = 0,514, yang interpestasinya adalah antara variabel X (teman sebaya sebagai interaksi sosial) dengan variabel Y (aktivitas modernisasi) di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Kota Serang Banten Terdapat pengaruh yang cukup kuat. Dengan menggunakan coefisien determinasi (CD), ini berarti bahwa Pengaruh Teman Sebaya Sebagai Interaksi Sosial (variabel X) dengan aktivitas modernisasi (variabel Y) yaitu sebesar 32,3%. Sedangkan sisanya 67,7% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | The purpose of this study is to find out whether there is influence between peers as a social interaction with modernization activities on students of Pancasila education and citizenship. This research was conducted at Sultan Ageng Tirtayasa University, Serang City, Banten in November 2018. The population in this study were all students of semester 1.3 and 5 totaling 131 students. The sample in this study amounted to 56 students. The research approach used in this study is a quantitative approach. While the analysis technique used in this study is product moment correlation, where this technique is used to find relationships and prove the hypothesis of the relationship between two or more variables. Data collection techniques are carried out by means of questionnaires. The conclusions obtained from the results of this study are based on the results of the analysis using product moment (rxy) obtained results r = 0.514, whose interpestation is between variable X (peers as social interactions) with variable Y (modernization activities) at Sultan Ageng Tirtayasa Kota University Serang Banten There is a strong influence. By using the coefficient of determination (CD), this means that Peer Influence As Social Interaction (variable X) with modernization activities (variable Y) is equal to 32,3%. While the remaining 67,7% is influenced by other factors. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 25 Nov 2021 11:41 | |||||||||
Last Modified: | 25 Nov 2021 11:41 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9053 |
Actions (login required)
View Item |