Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH SIKLUS BELAJAR HIPOTESIS DEDUKTIF PADA KONSEP REAKSI REDOKS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Haerunnissa, Nina (2018) PENGARUH SIKLUS BELAJAR HIPOTESIS DEDUKTIF PADA KONSEP REAKSI REDOKS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH SIKLUS BELAJAR HIPOTESIS DEDUKTIF PADA KONSEP REAKSI REDOKS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA.PDF
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Implementasi kurikulum 2013 menuntut siswa agar memiliki keterampilan berpikir kritis (KBK). Fakta di lapangan menunjukkan bahwa KBK siswa dalam pelajaran kimia rendah. KBK sangat penting dilatih dan dikembangkan agar siswa aktif dan dapat memahami konsep pelajaran yang memiliki karakteristik tertentu, seperti konsep reaksi redoks yang memiliki karakteristik konkret dan abstrak. Pembelajaran yang dapat melatih dan mengembangkan KBK siswa adalah siklus belajar hipotesis deduktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh siklus belajar hipotesis deduktif pada konsep redoks terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Sample penelitian adalah siswa kelas X MIA yang terdiri atas kelas eksperimen dan kontrol yang diambil dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dengan 13 soal uraian yang valid dan reliabel serta observasi dengan lembar observasi. Data hasil penelitian dianalisis secara statistik dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan KBK siswa berdasarkan nilai N-Gain pada aspek memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, dan memberikan penjelasan lebih lanjut berurutan adalah 0,22; 0,25; 0,30; dan 0,27 pada kelas kontrol serta 0,40; 0,41; 0,45; dan 0,40 pada kelas eksperimen. Nilai N-Gain tersebut menunjukkan tingkat KBK kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Hal tersebut didukung oleh hasil uji hipotesis menggunakan Independent Sample T- Test yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan KBK antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga dapat disimpulkan bahwa siklus belajar hipotesis deduktif berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSolfarina, SolfarinaUNSPECIFIED
Thesis advisorLangitasari, IndahUNSPECIFIED
Additional Information: Implementation of 2013 curriculum requires students to have critical thinking skills (CTS). Facts in field showed student‟s CTS in chemistry lesson is low. CTS is very important to trained and developed so students can be active and understanding concept that have specific characteristic, as redox reaction concept that have concrete and abstract characteristic. The learning that can train and develop student‟s CTS is hipotetical deductive cycle learning. This research aim is to find out the effect of hipotetical deductive cycle learning on redox reaction concept to student critical thinking skills. Type of research is quasi experimental with nonequivalent control group design. Sample of research is students of science class X as experimental and control class taken by purposive sampling technique. Data collection methods used are test with 13 description questions that has validity and reliability and observation with observation sheet. Data of research result were analyzed by statistic and descriptive. The result showed increasing of CTS based on N-Gain value in aspects simple explanation building basic skills, concluding, and giving further explanation in sequence is 0,22; 0,25; 0,30; and 0,27 at control class and 0,40; 0,41; 0,45; and 0,40 at experimental class. N-Gain value showed CTS level of experimental is higher than control class. Its supported by hipothesis test dengan independent sample t-test result that showed there are differences of CTS between experimental and control class so it can be concluded that hipotetical deductive cycle learning take positive effect to critical thinking skills outcomes of students.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204-Jurusan Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 25 Nov 2021 11:35
Last Modified: 25 Nov 2021 11:35
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9050

Actions (login required)

View Item View Item