Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PERSEPSI LINGKUNGAN BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KOTA CILEGON

AULIA KHASANA, INNA (2019) PENGARUH PERSEPSI LINGKUNGAN BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KOTA CILEGON. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH PERSEPSI LINGKUNGAN BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KOTA CILEGON.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Lingkungan sekolah merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar peserta didik. Lingkungan sekolah seperti guru, staf tata usaha, dan teman-teman sekelas dapat mempengaruhi motivasi belajar peserta didik. Lingkungan sekolah secara fisik meliputi keadaan fisik sekolah, sarana dan prasarana di dalam kelas, keadaan gedung sekolah dan sebagainya, keadaan non-fisik sekolah meliputi struktur organisasi sekolah dan jumlah siswa. Salah satu sarana yang berkaitan dengan motivasi belajar siswa adalah fasilitas sekolah. Fasilitas sekolah yang kurang memadai, terutama pada ruang kelas atau ruang tempat belajar dapat mempengaruhi motivasi belajar peserta didik. Motivasi berperan dalam menumbuhkan dan mengarahkan kegiatan belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei dengan jenis penelitian kuantitatif, untuk melakukan penelitian ini akan melibatkan dua sekolah yang akan digunakan dalam penelitian. Salah satu sekolah dipilih karena dianggap sekolah yang baik dan sekolah yang kurang baik. Sekolah tersebut akan ditentukan berdasarkan pada peringkat nilai rata-rata matematika dari masing masing sekolah selama 2 tahun belakangan ini. Salah satu instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, ialah kuisioner What Is Happening In this Class (WIHIC). Penelitian dilakukan di dua sekolah yang berbeda, untuk sekolah yang baik mengambil data di SMP Negeri 3 Cilegon, dan sekolah yang kurang baik mengambil data di SMP PGRI 1 Cilegon, dengan jumlah subjek masing-masing sekolah sebanyak 170 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan persepsi siswa sekolah yang baik dengan sekolah kurang baik terhadap lingkungan belajar di kelas matematika. Sekolah baik lebih unggul pada komponen penyelidikan, keadilan, kekompakan siswa, kerjasama, dan dukungan guru. Adapun pada komponen keterlibatan siswa. Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap lingkungan belajar di kelas dan motivasi belajar matematika. Pada sekolah yang baik korelasi yang paling besar berturut- turut ialah orientasi tugas, keadilan, kekompakan siswa, keterlibatan, dukungan guru, penyelidikan dan keadilan. Sedangkan pada sekolah yang kurang baik korelasi yang paling besar berturut-turut ialah penyelidikan, keadilan, orientasi tugas, dukungan guru, kekompakan siswa, keterlibatan, dan kerjasama.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSyamsuri, SyamsuriUNSPECIFIED
Thesis advisorRafianti, IsnaUNSPECIFIED
Additional Information: School environment is one of the factors that influence students' learning motivation. School environments such as teachers, administrative staff, and classmates can influence students' learning motivation. The physical environment of the school includes the physical state of the school, the facilities and infrastructure in the classroom, the state of the school building and so on, the state of non-physical school includes the organizational structure of the school and the number of students. One of the facilities related to student learning motivation is school facilities. Inadequate school facilities, especially in classrooms or study rooms can affect students' learning motivation. Motivation plays a role in growing and directing learning activities. This study uses survey research methods with a type of quantitative research, to conduct this research will involve two schools that will be used in research. One school was chosen because it was considered a good school and a poor school. The school will be determined based on the ranking of the average math scores of each school over the past 2 years. One of the instruments used in this study is the What Is Happening In this Class questionnaire (WIHIC). The study was conducted in two different schools, for schools that were good at taking data at SMP Negeri 3 Cilegon, and schools that were not good enough took data at SMP PGRI 1 Cilegon, with 170 students each subject. The results of this study indicate that there are differences in perceptions of good school students with schools that are not good enough for the learning environment in the mathematics class. Schools are better at the components of inquiry, equity, student cohesiveness, cooperation, and teacher support. As for the component of student involvement. There is a significant relationship between students' perceptions of the classroom learning environment and motivation to learn mathematics. In good schools the biggest correlations in a row are task orientation, equity, student cohesiveness, involvement, teacher support, equity. Whereas in the schools that were less well the most significant correlations were investigation, equity, task orientation, teacher support, student cohesiveness, involvement, and collaboration
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 25 Nov 2021 11:32
Last Modified: 25 Nov 2021 11:32
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9048

Actions (login required)

View Item View Item