Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI MTS DAARUL ISTIKMAL PANDEGLANG

RIANY RAHAYU, ATIEK (2017) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI MTS DAARUL ISTIKMAL PANDEGLANG. Master thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI MTS DAARUL ISTIKMAL PANDEGLANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

This study aims to determine the results of outcome learning Indonesian with: 1) Apllying learning Indonesian skill information approach and expocitorie approach. 2) in learners who have high creativity and low creativity. 3) the effect of approach interaction skill informations and creativity. 4) applying skill information approach and high creativity with expocitorie approach and high creativity. 5) applying skill information approach and low creativity with expocitorie approach and low creativity. 6) who apply the skill information approach and high creativity with low creativity. 7) who apply the expocitorie approach and high creativity with low creativity. The subjects of the study were students of class VII MTs Daarul Istikmal Pandeglang. The research method used a two-way anova experiment with interaction. The results showed 1) Learning outcomes using skill information approach is higher than expocitorie approach. 2) High creativity group learning outcomes are higher than in the low creativity group. 3) There is an interaction effect of skill information approach and creativity on learning outcomes. 4) The learning outcomes using the skill information approach of the high creativity group were higher than the expocitorie approach of the high creativity group. 5) The learning outcomes using the skill information approach of the low creativity group were lower than the expocitorie approach of the low creativity group. 6) The learning outcomes using skill information approach group of high creativity is higher than the low creativity group. 7) The learning outcomes using the expocitorie approach of the high creativity group were lower than the low creativity group.

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pembelajaran bahasa Indonesia : 1) yang menggunakan pendekatan keterampilan informasi dengan yang menggunakan pendekatan ekspositori. 2) siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan yang memiliki kreativitas rendah. 3) pengaruh interaksi pendekatan keterampilan informasi dan kreativitas. 4) yang menggunakan pendekatan keterampilan informasi dan kreativitas tinggi dengan yang menggunakan pendekatan ekspositori dan kreativitas tinggi. 5) yang menggunakan pendekatan keterampilan informasi dan kreativitas rendah dengan yang menggunakan pendekatan ekspositori dan kreativitas rendah. 6) yang menggunakan pendekatan keterampilan informasi dan kreativitas tinggi dengan yang menggunakan pendekatan keterampilan informasi dan kreativitas rendah. 7) yang menggunakan pendekatan ekspositori dan kreativitas tinggi dengan yang menggunakan pendekatan ekspositori dan kreativitas rendah. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII MTs Daarul Istikmal Pandeglang. Metode penelitian menggunakan eksperimen anova dua jalur dengan interaksi. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar bahasa Indonesia : 1) yang menggunakan pendekatan keterampilan informasi lebih tinggi dari yang menggunakan pendekatan ekspositori. 2) siswa kelompok kreativitas tinggi lebih tinggi dari siswa kelompok kreativitas rendah. 3) Terdapat pengaruh interaksi pendekatan keterampilan informasi dan kreativitas terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. 4) yang menggunakan pendekatan keterampilan informasi kelompok kreativitas tinggi lebih tinggi dari yang menggunakan pendekatan ekspositori kelompok kreativitas tinggi. 5) yang menggunakan pendekatan keterampilan informasi kelompok kreativitas rendah lebih rendah dari yang menggunakan pendekatan ekspositori kelompok kreativitas rendah. 6) yang menggunakan pendekatan keterampilan informasi kelompok kreativitas tinggi lebih tinggi dari yang menggunakan pendekatan keterampilan informasi kelompok kreativitas rendah. 7) yang menggunakan pendekatan ekspositori kelompok kreativitas tinggi lebih rendah dari yang menggunakan pendekatan ekspositori kelompok kreativitas rendah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > 88101-Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 25 Nov 2021 09:27
Last Modified: 25 Nov 2021 09:27
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9029

Actions (login required)

View Item View Item