Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 7 CILEGON TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Usmianingsih, Nining (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 7 CILEGON TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Master thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETA.PDF
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

This research was conducted in SMP Negeri 7 Cilegon. The population of this research were 7th grade students of SMP Negeri 7 Cilegon school year 2016/2017. There were 72 students who became respondents in this research. They consisted of 36 students in experimental class and 36 students in control class. Quasi- Experimental Design was used as the method to compare the treatment on an object and find out how big the difference on the treatment given. Treatment by level 2x3 was used as the design of research planning. The results of this study were: 1) there was difference in science learning result between project based learning and problem based learning; 2) there was difference in learning result among students with high, middle, and low level of scientific attitude; 3)there was interaction effect on project based learning and scientific attitude; 4) Science learning result on students who used project based learning and had high level of scientific attitude did not surpass the result on students who used problem based learning and had high level of scientific attitude; 5) Science learning result on students who used project based learning and had middle level of scientific attitude was better than the result on students who used problem based learning and had middle level of scientific attitude; 6)Science learning result on students who used project based learning and had low level of scientific attitude was better than the result on students who used problem based learning and has low level of scientific attitude.

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHasani, AcengUNSPECIFIED
Thesis advisorFatah, AbdulUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Cilegon. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII tahun pelajaran 2016/2017. Sampel pada penilitian ini berjumlah 72 peserta didik. Pada kelas eksperimen sebanyak 36 peserta didik dan pada kelas kontrol sebanyak 36 peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen, membandingkan pemberian suatu perlakuan pada suatu objek dan melihat besar perbedaan perlakuannya. Rancangan penelitian ini menggunakan desain treatment by level 2x3. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara model pembelajaran berbasis proyek dan model pembelajaran berbasis masalah, 2) terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang memiliki sikap ilmiah tinggi, sedang dan rendah, 3) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran berbasis proyek dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar IPA peserta didik, 4) tidak terdapat perbedaan hasil belajar IPA peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan memiliki sikap ilmiah tinggi dengan hasil belajar IPA peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan memiliki sikap ilmiah tinggi, 5) hasil belajar IPA peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan memiliki sikap ilmiah sedang lebih baik dari pada hasil belajar IPA peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan memiliki sikap ilmiah sedang, 6) hasil belajar IPA peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan memiliki sikap ilmiah rendah lebih baik dari pada hasil belajar IPA peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan memiliki sikap ilmiah rendah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 25 Nov 2021 08:42
Last Modified: 25 Nov 2021 08:42
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9012

Actions (login required)

View Item View Item