BAHTIAR, IRFAN (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SMP NEGERI 1 CARITA KABUPATEN PANDEGLANG. Master thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP.. (1).PDF Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Learning is an implementation of the components of learning. Each components of learning has a very close relationship with the skills of the teachers. Therefore, in the process of learning the teacher. Must have a method so that the students can learn effectively, innovative and efficient as well the expected goals. One of the steps to fulfill the strategy is to master the techniques of learning or usually called learning methods. Based on the problems and objectives of the research, the research conducted is an experimental. The results of data calculation through ANAVA two path in the table, it can be explained that it value of Fhitung = 77,38. Greater than the value Ftabel = 3,99 at the level of the significance. By the average value of student studied with the method of NHT is, 80,31 and who use the lecture method is 73,18. This shows that H0 is rejected while H1 is accepted. Thus it can be concluded that there is a significant difference the student result of student learning. Which follows the cooperative learning method of Type Number Heads Together (NHT) with students who study the method of teaching lectures. Thus it can be concluded that there is a very significant influence differences between students who have high learning motivation and students have low motivation to the results of learning student can improve the results of the learning science of grade VII at SMPN 1 Carita Pandeglang Regency. Based on the results of research and discussion, it can be concluded that there are proven there are differences in student learning outcomes between students who learn with method cooperative learning type NHT and students learn by lectures learning method. It is proven the learning motivation in students who have low learning motivation as one of the extrinsic and intrinsic characteristics of student is also taken into account in research. This study thrue an to affect student learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Master) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Pembelajaran merupakan implementasi dari komponen-komponen pembelajaran. Masing-masing komponen pembelajaran mempunyai hubungan yang sangat erat dengan keterampilan guru. Oleh karena itu, di dalam proses pembelajaran guru harus memiliki strategi agar siswa dapat belajar secara efektif, inovatif dan efisien serta sesuai pada tujuan yang diharapkan. Salah satu langkah untuk memenuhi strategi yaitu menguasai teknik-teknik pembelajaran atau biasanya disebut metode pembelajaran. Berdasarkan permasalahan dan tujuan penelitian, penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen. Hasil perhitungan data melalui ANAVA dua jalur pada tabel, dapat dijelaskan bahwa nilai Fhitung = 77,38 lebih besar dari nilai Ftabel = 3,99 pada taraf signifikansi Dengan nilai rerata siswa yang belajar dengan metode NHT yaitu, 80,31 dan yang menggunakan metode Ceramah yaitu 73,18. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak sedangkan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang mengikuti metode pembelajaran kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) dengan siswa yang belajar dengan metode pembelajaran Ceramah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang sangat signifikan antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah terhadap hasil belajar siswa dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP Negeri 1 Carita Kabupaten Pandeglang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa, terbukti terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang belajar dengan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT dan siswa yang belajar dengan metode pembelajaran Ceramah. Terbukti bahwa hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Dari temuan ini penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa sebagai salah satu karakteristik ekstrinsik dan intrinsik siswa yang juga diperhitungkan dalam penelitian ini ternyata berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. | |||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | |||||||||
Divisions: | 08-Pascasarjana 08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 25 Nov 2021 08:38 | |||||||||
Last Modified: | 25 Nov 2021 08:38 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/9011 |
Actions (login required)
View Item |