Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MANAJEMEN STRATEGI DINAS KOPERASI, PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN DALAM MENDORONG PENGEMBANGAN UMKM BERBASIS EKONOMI KREATIF DI KABUPATEN SERANG

WULANDARI, UTUT and Budiati, Ayuning and Waseh, Hasuri (2017) MANAJEMEN STRATEGI DINAS KOPERASI, PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN DALAM MENDORONG PENGEMBANGAN UMKM BERBASIS EKONOMI KREATIF DI KABUPATEN SERANG. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (UTUT WULANDARI - Prodi AP 2017)
PROTEK_MANAJEMEN STRATEGI DINAS KOPERASI, PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN DALAM MENDORONG PENGEMBAN.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Utut Wulandari, NIM 6661120085, Skripsi. Manajemen Strategi Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Dalam Mendorong Pengembangan UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif di Kabupaten Serang. Pembimbing I : Ayuning Budiati, MPPM. Pembimbing II : Drs. Hasuri, M.Si Ekonomi kreatif merupakan sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama. Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Serang merupakan dinas yang mendukung serta membina para pelaku usaha mikro dan kecil, diperlukan manajemen strategi yang bagus agar para pelaku UMKM Kabupaten Serang siap bersaing dan mampu menghasilkan produk yang berkualitas dan kreatif. Berdasarkan observasi yang dilakukan, peneliti menemukan bahwa pengawasan yang Dinas KOPERINDAG lakukan belum optimal karena keterbatasan SDM, Dinas KOPERINDAG tidak menyediakan tempat khusus bagi pelaku UMKM untuk menjual produknya, Pembinaan yang dilakukan Dinas KOPERINDAG belum menyeluruh dan Dinas KOPERINDAG tidak memiliki inovasi-inovasi baru dalam mengembangkan UMKM Kabupaten Serang. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Manajemen Strategi Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Dalam Mendorong Pengembangan UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif di Kabupaten Serang. Metode yang digunakan ialah kualitatif. Dalam penelitian ini teori yang digunakan ialah teori menurut J. David Hunger dan Thomas Wheelen yang meliputi empat elemen dasar meliputi pengamatan lingkungan; perumusan strategi; implementasi strategi; evaluasi dan pengendalian. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan peneliti menyatakan bahwa manajemen strategi Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan dalam mendorong pengembangan UMKM berbasis ekonomi kreatif di Kabupaten Serang belum berjalan optimal. Kata Kunci : Ekonomi Kreatif, Manajemen Strategi, UMKM.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Utut Wulandari, NIM 6661120085, Thesis. Strategic Management Department of Cooperatives, Industry and Trade in Encouraging the Development of SMEs Based on Creative Economy in Serang District. Advisor I: Ayuning Budiati, MPPM. Supervisor II: Drs. Hasuri, M.Si Creative economy is a concept in a new economic era that intensifies information and creativity by relying on the idea and knowledge of human resources as the main factor of production. Serang Department of Cooperatives, Industry and Trade is a service that supports and foster the micro and small business actors, good management strategy needed for the perpetrators of SMEs Serang regency ready to compete and able to produce quality and creative products. Based on observations made, the researchers found that the supervision of the Office KOPERINDAG do not yet optimal because of limited human resources, the Office KOPERINDAG not provide a special place for the perpetrators of SMEs to sell its products, coaching KOPERINDAG undertaken not comprehensive and KOPERINDAG Office has no new innovations in developing SMEs Serang District. Therefore, this study aims to find out how Strategic Management Department of Cooperatives, Industry and Trade in Encouraging the Development of SMEs Based on Creative Economy in Serang District. The method used is qualitative. In this research the theory used is the theory according to J. David Hunger and Thomas Wheelen which includes four basic elements including environmental observations; Strategy formulation; Strategy implementation; Evaluation and control. Based on the results of field research, the researcher states that the strategic management of Department of Cooperatives, Industry and Trade in encouraging the development of SMEs based on creative economy in Serang Regency has not run optimally. Keywords: Creative Economy, Strategic Management, UMKM.
Subjects: H Social Sciences > Public Administration
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 16 Jan 2018 02:28
Last Modified: 16 Jan 2018 02:28
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/900

Actions (login required)

View Item View Item