Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENGGUNAAN MODUL BERBASIS HAKEKAT SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS DI SMA N 1 KRAMATWATU

ROSADI, SAPTO (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL BERBASIS HAKEKAT SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS DI SMA N 1 KRAMATWATU. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH PENGGUNAAN MODUL BERBASIS HAKEKAT SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS DI SMA N 1 KRAMATWATU.PDF
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul berbasis hakekat sains terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada konsep sistem ekskresi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasy Experiment) dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester II SMA N 1 Kramatwatu. Pengambilan sampel dengan teknik Purposive sampling diperoleh kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data, siswa kelas eksperimen memperoleh rata-rata nilai yang lebih baik dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, berdasarkan hal ini dapat disimpulkan bahwa modul berbasis hakekat sains berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA N 1 Kramatwatu pada konsep sistem ekskresi.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorErmila Hendriyani, MilaUNSPECIFIED
Thesis advisorFadrikal, RahmatUNSPECIFIED
Additional Information: This research aims to know the influence of the use of module-based nature of science against the learning outcomes of students of Class XI IPS on the concept system for excretion. This research uses quasi experiment method and the design use Nonequivalent Control Group Design. The population in this research is the entire class 11th social in SMA N 1 Kramatwatu. Sampling with a purposive sampling technique, so that the retrieved class 11th social 2 as experiments class and Class 11th social 1 as control class. Based on the results of data analysis, experimental class students earn on average a better value compared with the average value of the control class in the realm of cognitive, affective and psychomotor. Based on the hypothesis test results indicate that there is a difference between learning results of experiments and the control class, based on it can be inferred that the module-based nature of learning outcomes to science students of Class 11th social high school N 1 Kramatwatu on the concept of excretion system.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 23 Nov 2021 14:08
Last Modified: 23 Nov 2021 14:08
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8983

Actions (login required)

View Item View Item