Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PJBL (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN

SOFIA ROHMAH, FAILA (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PJBL (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PJBL (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model PjBL (Project Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Pernapasan Studi Kasus SMP Negeri 14 Kota Serang. Metode Penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Non equivalent Pre Test – Post Test Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 14 Kota Serang dengan sampel kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian pretest dan posttest untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa. Selain itu, instrumen yang digunakan lembar observasi penilaian produk kreatif untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembuatan produk dan angket untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran PjBL (Project Based Learning). Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 53,6 termasuk dalam kategori tingkat berpikir kreatif cukup dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 69,5 termasuk dalam kategori tingkat berpikir kreatif tinggi. Hasil analisis hipotesis menggunakan uji t (t-test) dengan nilai sebesar 0,000 < α = 0,05. Hasil penggunaan model PjBL (Project Based Learning) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII pada materi sistem pernapasan manusia.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRomlah Noer Hodijah,, SitiUNSPECIFIED
Thesis advisorRohimah, Rt. BaiUNSPECIFIED
Additional Information: The research designed to find out the effect of PjBL model (Project Based Learning) on creative thinking of student SMP Negeri 14 Kota Serang grade VIII to concept of human respiratory system. The research was a quasi experimental using non equivalent Pre Test – Post Test control group design. Population of this reaserch is all of student of class VIII in SMP Negeri 14 Kota Serang. The sample of this study consist of two classes, grade VIII D as experimental sample class and grade VIII C as control sample class. The sampling technique is done by purposive sampling. The tehniques of data colllections is using pretest and posttest to measure student creative thinking. The other instrument is observation sheet for find out student creative thinking of do a project and questions sheet to measure student respons about PjBL model (Project Based Learning). The result the average value of students creative thinking abilities in control class is 53,6 with completed category and average value of students creative thinking in experimental class is 69,5 with good category. The hypothesis analyze using t- test. And t-test result is obtained significance value 0,000 < α = 0,05. Based on the research results can be concluded that there is the effect of PjBL model (Project Based Learning) to creative thinking of student SMP Negeri 14 Kota Serang grade VIII to concept of human respiratory system grade VIII.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84201-Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 23 Nov 2021 14:03
Last Modified: 23 Nov 2021 14:03
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8981

Actions (login required)

View Item View Item