Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN KREATIVITAS SISWA PADA KONSEP SISTEM TATA SURYA

NURHIKMAH HAVITA, VIVIT (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN KREATIVITAS SISWA PADA KONSEP SISTEM TATA SURYA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN KREATIVITAS SISWA PADA KONSEP SISTEM TATA SURYA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui kemampuan kreativitas yang diperoleh siswa dengan digunakannya model pembelajaran berbasis proyek (PjBL). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-eksperimen Design dengan desain penelitian one group pretest-posttest. penelitian ini melibatkan satu kelas. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII A dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes yaitu tes kemampuan berpikir kreatif dan non test berupa lembar observasi (produk kreatif, penilaian kinerja dan persentasi, serta keterlaksanaan model pembelajaran). Hasil penelitian yang diperoleh dengan Uji Paired t-Test yaitu terdapat adanya pengaruh penggunaan model PjBL terhadap kemampuan kreativitas dengan nilai signifikansi sebesar 0.000. Dan peningkatan kreativitas berdasarkan test kemampuan berpikir kreatif yaitu memperoleh nilai sebesar 0.58 dengan kategori sedang, nilai rata rata produk kreatif yaitu sebesar 85,71% dengan kategori sangat bagus, serta penilaian kinerja dan persentasi yaitu 73 dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSjaifuddin, SjaifuddinUNSPECIFIED
Thesis advisorSaefullah, AsepUNSPECIFIED
Additional Information: This study aim to determine the achievement and improvement of the abilities gained by students with project-based social learning models (PjBL). The method used in this study is pre-experimental method with research design one group pretest-posttest. This study for one class. The population of this study were all students of class VII A with total 36 students. The study instrument used was a test of creative thinking and non-test abilities consisting of: creativity, presentation and percentage, and the implementation of the learning model. The result of this study was obtained by Paired t-Test showed that there is a possibility of using the PjBL model to the creativity ability with a significance value is 0.000. In addition, the improvement of creativity based on the test of creative thinking ability has a value of 0.58 with medium category, the average value of creative products is 85.71% with very good categories, and the performance & percentage are 73 with good categories.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84201-Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 23 Nov 2021 14:01
Last Modified: 23 Nov 2021 14:01
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8980

Actions (login required)

View Item View Item