ISTIQOMAH, IRANIA (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP PENINGKATAN LITERASI SAINS PADA KONSEP TEKANAN ZAT. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP PENINGKATAN LITERASI SAINS PADA KONSEP TEKANAN ZAT.PDF Restricted to Registered users only Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbentuk sparkol videoscribe terhadap peningkatan literasi sains siswa. Penelitian dilaksanakan di salah satu Sekolah Menengah Pertama di kota Cilegon tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre- Eksperimental Designs (nondesigns). Bentuk desain yang digunakan adalah One- Group Pretest-Postest Design. Sampel penelitian ini terdiri dari satu kelas yaitu salah satu kelas VIII dengan jumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes literasi sains dan lembar angket. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan literasi sains siswa pada pre test mendapatkan skor rata-rata 54,67 dan pada post test mendapatkan skor rata-rata 83,17. Nilai N-gain (Peningkatan nilai setelah pembelajaran) kemampuan literasi sains siswa menunjukan hasil yang signifikan yaitu 0,74 yang termasuk dalam katagori tinggi, dengan hasil uji-t paired diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 maka H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbentuk Sparkol Videoscribe berpengaruh terhadap peningkatan literasi sains.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | This research related to determine the effect of sparkol videoscribe’s learning media on the improvement of students’ scientific literacy. The research was conducted on one of junior high schools at Cilegon City in year’s of academy 2017/2018. The research method used is Pre-Experimental Designs (nondesigns), the design form used is One Group Pretest-Posttest Design. The sample of this research consisted of one class at second grades with a total of 30 students. The instruments used are scientific literacy tests and questionnaire sheets. The results of this study showed an increase in students’ scientific literacy from the pre-test to get an average score of 54.67 to the post-test the average score was 83.17. N-gain value (increase in value after learning) students’ literacy skills showed significant result on 0.74 which is included in the high category, with the results of paired t- test obtained significance value of 0.00 <0.05, H0 is rejected. Based on the results of the study, it can be conclude that the use of sparkol videoscribe’s learning media influences the improvement of scientific literacy. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84201-Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 23 Nov 2021 13:54 | |||||||||
Last Modified: | 23 Nov 2021 13:54 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8977 |
Actions (login required)
View Item |