Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KONSEP ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA BRAILLE ANGKA (Penelitian Eksperimen Anak Tunanetra Kelas II SDLB di SLB Negeri Garut, Jawa Barat)

NURAENI, PRITA (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KONSEP ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA BRAILLE ANGKA (Penelitian Eksperimen Anak Tunanetra Kelas II SDLB di SLB Negeri Garut, Jawa Barat). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KONSEP ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA BRAILLE ANGKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Anak dengan hambatan penglihatan mengalami kesulitan dalam membaca, juga memiliki kesulitan dalam mengenal angka. Media Konsep angka adalah suatu media yang digunakan untuk membantu pembelajaran mengenal konsep angka bagi anak tunanetra. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi tentang pengaruh penggunaan media konsep angka terhadap kemampuan membaca Braille angka pada anak kelas II SDLB di SLN Negri Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan pendekatan Single Subject Research (SSR), sedangkan desain yang digunakan adalah desain A-B-A. terdapat tiga target behavior dalam penelitian ini yaitu 1) kemampuan mengucapkan angka secara lisan, 2) kemampuan menunjukkan simbol angka dengan balok, dan 3) kemampuan membaca Braille angka. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistic deskriftif, dan ditampilkan melalui grafik. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa penggunaan media konsep angka meningkatkan kemampuan membaca Braille angka pada anak tunanetra. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya mean di ketiga target behavior.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRusdiyani, IstiUNSPECIFIED
Thesis advisorListyaningtyas, RatihUNSPECIFIED
Additional Information: Children with visual impairments have difficulty reading, also have difficulty recognizing numbers. Media The concept of numbers is a medium used to help learning about the concept of numbers for blind children. The purpose of this study was to obtain data and information about the effect of using the concept of numerical numbers on the ability to read Braille numbers in second grade elementary school students at Garut State SLN. The method used in this study is the experimental method using the Single Subject Research (SSR) approach, while the design used is the A-B-A design. there are three target behaviors in this study, namely 1) the ability to say numbers verbally, 2) the ability to show numerical symbols with beams, and 3) the ability to read Braille numbers. The data obtained was analyzed through descriptive statistics, and displayed through graphs. Based on the results of the study, it is known that the use of media concept numbers increases the ability to read Braille numbers in blind children. This is indicated by the increase in the mean in the three target behaviors.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Khusus
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 23 Nov 2021 13:52
Last Modified: 23 Nov 2021 13:52
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8976

Actions (login required)

View Item View Item