Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLANNEL BOOK IMAGINATION TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VIII DI SKH MADINA KOTA SERANG

MARLIA, AINUN (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLANNEL BOOK IMAGINATION TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VIII DI SKH MADINA KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLANNEL BOOK IMAGINATION TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VIII DI SKH MADINA KOTA SERANG.PDF
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media flannel book imagination terhadap kemampuan membaca pemahaman pada anak tunagrahita di SKh Madina Kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one-group pre-test post-test. Data penelitian diperoleh dari hasl tes soal berupa pilihan ganda yang dilakukan pada kondisi awal sebelum diberi perlakuan/treatment, saat diberi perlakukan/treatment, dan setelah diberi perlakuan/treatment. Pengolahan data penelitian menggunakan perhitungan statistik nonparametris melalui uji wilcoxon. Tempat penelitian di SKh Madina Kota Serang dengan jumlah sampel sebanyak tiga orang siswa tunagrahita. Penelitian menunjukan media flannel book imagination dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa tunagrahita. Selisih antara keduanya dapat membuktikan bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada siswa tunagrahita di SKh Madina kota Serang. Hal tersebut dibuktikan dengan melihat skor pre-test dilihat dari skor yang menunjukkan skor terendah yang di dapat siswa adalah 3 (20%) dan skor tertinggi yang didapat siswa adalah 9 (60%) dari total 15 butir soal dan skor post-test yang terendah yang didapat siswa adalah 9 (60%) dan skor tertinggi yang didapat siswa adalah 12 (80%). Dari total 15 b utir soal maka dapat disimpulkan media flannel book imagination dapat meningkatkan membaca pemahaman siswa tunagrahita.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRusdiyani, IstiUNSPECIFIED
Thesis advisorYudha Pratam, ToniUNSPECIFIED
Additional Information: The purpose of this research is to know the media use flannel book imagination against the ability of reading comprehension in children mental retardation in SKh Madina Serang. The methods used in the study is a method of experiments with one-design research group pre test post test. Research data obtained from either a hasl multiple choice question test conducted on initial conditions before being given treatment, when given a treatments, and after being given the treatment. Processing of research data using statistical calculations nonparametris through the wilcoxon test. Place research at the SKh Madina City Attack with the total sample as many as three students mental retardation. The research showed the media flannel book imagination can enhance the ability of reading comprehension in students ' mental retardation. The difference between the two can prove that there is a growing understanding of the reading ability in students mental retardation in SKh Madina Serang. This is evidenced by the pre-order test score view seen from the score that indicates the lowest score in the can is 3 students (20%) and the highest score of the students is 9 (60%) of a total of 15 grains of matter and score the lowest post-test the students is 9 (60%) and the highest score of the students is 12 (80%). Of a total of 15 item reserved then it can be inferred media flannel book imagination can improve the reading comprehension of students ' mental retardation.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Khusus
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 23 Nov 2021 13:50
Last Modified: 23 Nov 2021 13:50
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8975

Actions (login required)

View Item View Item